Momentum HUT Ke 56 HKN Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat

Dibaca : 193

BINEWS II Sumut. Kab Batu Bara — Momentum Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke –56, Bupati Batu Bara mengatakan Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, di Aula Kantor Camat Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara. Kamis,(12/11/2020)

 

Terlihat hadir, Camat Sei Suka Listen Samosir, S.E, Kepala Puskesmas Se – Kabupaten Batu Bara.

 

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dalam sambutannya menyampaikan dihari peringatan Kesehatan Nasional mari satukan tekad menuju Indonesia sehat sesuai dengan tema HKN tahun 2020, karena merupakan upaya tentang bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman dari Virus Covid–19 Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru.

 

“Melalui sub tema, Jaga Diri, Keluarga Dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa Dari Pandemi Covid-19”.kata Zahir.

 

Ir H Zahir MAP menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Covid–19.

 

“Sekuat apapun upaya pemerintah, tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan”,Ungkap Zahir.

Dikatakan Zahir, seiring dengan telah terbitnya instruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019, dan di tindak lanjutkan dengan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 58 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 di Kabupaten Batu Bara, yang telah di tanda tangani pada tanggal 31 Agustus 2020.

 

Dimana, dalam Perbup tersebut, akan ada sanksi kepada setiap orang yang melanggar protokol kesehatan di tempat–tempat umum, termasuk tempat usaha yang tidak mematuhi aturan tersebut.

 

Sehingga, kedisiplinan masyarakat, termasuk para ASN adalah modal utama dalam mengendalikan covid-19 di Kabupaten Batu Bara.

 

“Tidak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada teman media yang ikut turut menyampaikan penyebaran informasi tentang mengatasi penyebaran wabah virus Covid19”, ucap Zahir

 

Sememtara itu, laporan Kegiatan yang disampaikan okeh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Batu Bara drg. Wahid Khusyairi MM menyampaikan adapun penyerahan Pemberian Makanan Tambahan(PMT) sebanyak 634 orang bagi balita stunting, balita kurus dan balita gizi kurang, ke seluruh wilayah puskermas dinas kesehatan Kabupaten Batu Bara.

 

Disamping itu, penyerahan dana pendamping gizi buruk, tepuk tangan selama 56 detik sebagai bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang dan masyarakat yang telah melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah Covid – 19.

 

Dijelaskan Wahid, Swab massal melalui metode PCR untuk masyarakat dilakukan di Pusekesmas Sei Suka, Laut Tador, Pagurawan, Lalang, Indrapura, Pematang Panjang dan Kedai Sianam, Pusekesmas Lima Puluh, Sei Bejangkar, Simpang Dolok, Petatal, Sei Balai, Tanjung Tiram, Labuhan Ruku.

 

Kegiayan tersebut juga tidak luput dari bidikan kamera wartawan dari berbagai media.

 

(Supriadi)