Pasca Lebaran Harga Bawang Merah di Pasar Comal Pemalang Tembus Rp 65 Ribu, Tomat Naik 150 Persen

Dibaca : 246

BINEWS JATENG | Pemalang – Pasca lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, harga bawang merah di Pasar Comal, Pemalang, Jawa Tengah, tembus hingga Rp 65 ribu Perkilogram. Sedangkan harga tomat naik sangat signifikan hingga 150 persen.

Hal itu di ucapkan Kepala Pasar Comal, Ani Lestari, saat di konfirmasi terkait perkembangan harga komoditas pangan kebutuhan pokok di ruang kerjanya. Ia menyebut harga yang naiknya sangat signifikan yakni tomat.

“Yang naiknya drastis itu tomat dari Rp.10 ribu sekarang Rp.25 ribu. Sedang Bawang Merah di pertengahan puasa harga kisaran Rp.25 ribu sekarang Rp.65 ribu,” ucap Kepala Pasar Comal, Kamis (25/4/2024).

Terkait kenaikan harga tersebut, pihaknya sudah melaporkan ke tingkat kedinasan. Menurutnya, kenaikan harga seperti Bawang Merah dan tomat, bukan hanya di Kabupaten Pemalang akan tetapi di luar daerah juga.

Lebih lanjut, Ani menyebut, komoditas tersebut, biasanya di datangkan dari luar daerah seperti Brebes dan Pekalongan.

“Pengiriman bawang dari Brebes, tapi kalau tomat dari Kalibening Pekalongan. Makanya sampai sini harganya ya otomatis,” jelasnya.

“Kalau sini (pasar Comal) dari pasar sayur  dan buah Pemalang, tapi sayur buah kan ada dari timur, pokoknya dari tetangga daerah,” tambahnya.

Meskipun harga bawang merah dan tomat naik, menurut Kepala Pasar Comal, permintaan akan komoditas tersebut pasca lebaran tidak ada lonjakan.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan, pemerintah melarang keras dilakukannya impor bawang merah. Ia menyebut tingginya harga bawang merah yang terjadi belakangan ini karena sentra produksi bawang merah dilanda banjir, sehingga menyebabkan tanaman bawang merah milik petani mengalami gagal panen.

“Bawang kan banjir kemarin. Minggu depan juga mudah-mudahan (harganya) sudah turun. Kalau lagi banjir kan ya sudah, tapi paling seminggu lagi sudah normal,” tukasnya, dikutip dari CNBC Indonesia.