484 Santriawan dan Santriwati MDT Serta TPQ Se-Kabupaten Bangka di Wisuda

Dibaca : 1013

BINEWS II Kabupaten Bangka – Sebanyak 484 santriawan maupun santriwati yang berasal dari Madrasah Diniyah (MD) serta Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) seluruh Kabupaten Bangka di wisuda. Kegiatan itu diselenggarakan di Taman Wisata Pantai Batu Bedaun, Sungailiat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Asisten I bidang Pemerintahan, Toni Marza, S.Ap, mewakili Pj Bupati Bangka, M.Haris, A.P, Kasi Pontren, Sopianto Suwari, S.Ag, yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Bangka, Senaidi, S.Ag, lalu Ketua FKDT Kabupaten Bangka, Hatta Budianto, S.H, perwakilan Polres Bangka, AKP Wellindra, perwakilan Diknas Kabupaten Bangka, serta Ustadz dan Ustadzah, Selasa (11/6) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Seksi (Kasi) Pondok Pesantren (Pontren) Sopianto Suwari, S.Ag mengatakan dirinya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para tamu dan undangan lainnya, yang telah hadir dalam kegiatan wisudawan dan wisudawati, Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Taman Pendidikan Qur’an se-Kabupaten Bangka di Taman Wisata Pantai Batu Bedaun pada hari ini.
“Saya mewakili kepala kantor Kemenag Kabupaten Bangka, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran bapak dan ibu maupun tamu undangan sekalian yang telah hadir dalam kegiatan hari ini,” terang Sopian.

Dikatakannya, untuk diketahui Madrasah Diniyah Takmiliyah (Madin) ini terdiri dari 3 jenjang pendidikan, sama halnya seperti sekolah umum lainnya. Pertama Madin Ula, lalu Madin Wustho dan Madin Aliyah.

“Jadi untuk tingkatan tersebut, untuk Ula sama dengan SD/MI, sedangkan Wustho adalah setingkat SMP/MTS, serta Aliyah tingkatannya sama dengan SMA/SMK,” Ucapnya.

Sementara itu, mewakili Pj Bupati Bangka, Plt Asisten I bidang Pemerintahan, Toni Marza, S.Ap menjelaskan Pemkab Bangka menyambut baik adanya kegiatan wisuda santriawan dan santriwati yang dilakukan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dan bersama Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ) Kabupaten Bangka.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Bangka mengucapkan selamat dan juga apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan wisudawan dan wisudawati yang berasal dari madrasah diniyah takmiliyah maupun taman pendidikan Al Qur’an yang berada di Kabupaten Bangka,” kata Toni.

Ditambahkannya, wisuda santriawan dan santriwati ini sangat baik, bertujuan untuk membentuk anak yang berakhir mulia dan berkarakter. Selain itu untuk meningkatkan kebersamaan/silaturahmi dan juga membuat anak-anak menjadi mandiri.

“para santri dan santriwati yang telah di wisuda pada hari inipun, merupakan para kader qurani terbaik untuk di Kabupaten Bangka kedepan. Baik itu dari segi pribadi serta untuk mengikuti ajang perlombaan seperti, MTQ, STQ, yang menjadi suatu kebanggaan kita semua,” tambahnya.

Disini lain, Ketua FKDT Kabupaten Bangka, Hatta Budianto, S.H, mengungkapkan bahwa ada sebanyak 484 para santriawan maupun santriwati, berasal dari Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), serta Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) untuk seluruh Kabupaten Bangka.

“Harapan kita kedepan, bagi wisudawan serta wisudawati dari madrasah diniyah takmiliyah maupun taman pendidikan Al qur’an tahun 2024, berharap agar nantinya bersama-sama dapat berjuang dan juga mendukung program pemerintah dalam hal ini, program pendidikan untuk dapat mewujudkan pendidikan nasional kita ini. Serta dapat menjadikan para santriawan serta santriwati kita agar menjadi insan yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia,” pungkasnya. (AMN)