Institut Pahlawan 12 Bangka Terjunkan 161 Mahasiswa, Pengawas Independen Pemilu 2024

Dibaca : 1030

BINEWS II Kabupaten Bangka – Pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 masyarakat dituntut mengawal secara aktif proses pemilihan umum yang jujur, terbuka dan berintegritas. Tak terkecuali, mahasiswa yang berperan sebagai agent of change (penggerak perubahan), social control (kontrol sosial), moral force (penguat moral), dan guardian of value (penjaga nilai).

Institut Pahlawan 12 terjunkan sebanyak 161 mahasiswa untuk menjadi pengawas independen pada Pemilu 2024. Pengawas independen dalam rangka pengawasan partisipatif. Upaya ini dilaksanakan untuk menyukseskan jalannya Pemilu 2024, rabu (14/2).

Hal tersebut disampaikan Rektor Institut Pahlawan 12 Bangka, Darol Arkum, mengatakan pengawas independen pemilu dilaksanakan di masing-masing TPS. Mahasiswa pun mencoblos dan ini merupakan suatu bentuk fasilitasi Institut Pahlawan 12 dalam hal pendidikan politik melalui keikutsertaannya dalam kegiatan penyelenggaraan pemilu.

“Mereka ini tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan. Perguruan tinggi menyiapkan instrumen yang mereka isi berdasarkan potret hasil observasi di lapangan,” kata Darol.

Sementara itu, Wakil Rektor untuk Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Bambang Ari Satria, menjelaskan bahwa pengawasan independen untuk di TPS ini merupakan suatu bentuk pembelajaran dan partisipasi politik bagi mahasiswa untuk menjadi bagian dari subyek pemilu, turut memastikan pemilu berjalan dengan demokratis dan akuntabel.

“Ini merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan oleh para mahasiswa terkhusus pembelajaran politik serta keikutsertaan dalam pesta demokrasi politik melalui pemantauan dan pengawasan langsung ke TPS-TPS dalam pelaksanaan pemilu 2024,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Institut Pahlawan 12 telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama dengan Bawaslu Bangka dalam hal program pemantauan pemilu pengawasan partisipatif.

“Hal inipun dilakukan sebagai bentuk dari tanggung jawab yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi, dalam hal memfasilitasi mahasiswanya dalam pendidikan politik melalui kegiatan pemilu 2024. (Amin)