News  

Pekerjaan Pembangunan Makadam Jalan di Desa Mengori Diduga Dikerjakan Pihak Ketiga

Dibaca : 721

BINEWS JATENG | Pemalang – Pembangunan Makadam Jalan di Desa Mengori, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah diduga di alihkan ke pihak ketiga. Pengerjaan pembangunan jalan tersebut berlokasi di RW 01 menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Berdasarkan papan informasi disekitar lokasi pembangunan makadam jalan tersebut, untuk Volume pekerjaan yakni 155 M X 2 M, 67 M X 3 M dengan anggaran total Rp.60.105.000 (Enam Puluh Juta Seratus Lima Ribu Rupiah).

Menurut seorang warga RT 2 Desa Mengori yang tak mau disebutkan namanya mengatakan pengerjaan makan jalan di desanya sudah satu mingguan dan dikerjakan oleh orang Petarukan berikut mandornya.

“Ya kurang lebih seminggu. Petarukan,” jawab seorang warga saat ditanya yang mengerjakan pekerjaan pembangunan makadam jalan, Minggu (10/12/2023) di sekitar lokasi.

Dirinya juga menjelaskan kalau pekerjaan sudah selesai dan yang mengerjakan bukan pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Mengori.

Terkait pembangunan infrastruktur desa oleh pihak ketiga, perlu ditinjau dan diperhatikan pelaksanaannya oleh perangkat desa agar tidak berbenturan dengan prinsip dan ketentuan pembangunan desa, seperti pendayagunaan swadaya dan gotong royong masyarakat.

Hal tersebut perlu diupayakan guna mewujudkan tujuan penyelenggaraan desa sebagaimana diamanatkan oleh UU Desa, yakni terwujudnya desa yang maju, mandiri, dan sejahtera tanpa harus kehilangan jati diri.

Jika Dana Desa di pihak ketiga, berarti TPK tidak di fungsikan. Sedangkan dalam laporan pertanggungjawaban, pekerjaan harus dilaksanakan oleh TPK. Tentu patut diduga ada komitmen fee yang diterima oleh oknum Pemerintah Desa dari pihak ketiga. (All Tim)*