News  

9 Peserta Bakal Calon Perangkat Desa Muncang Akan Ikuti Tes Tertulis

Dibaca : 676

BINEWS JATENG | Pemalang – Guna mengisi kekosongan jabatan sebagai Kepala Dusun (Kadus) 2 di Pemerintahan Desa Muncang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Panitia pengangkatan perangkat desa setempat mengadakan penyaringan dan penjaringan.

Dalam penjaringan itu telah terdaftar 9 peserta bakal calon perangkat desa. Oleh sebab itu, Tim Panitia Pengangkatan Perangkat Desa (P3D) bekerja sama dengan lembaga pemerintahan atau lembaga non pemerintahan yang memiliki kompetensi di bidang pemerintahan desa atau pengembangan sumber daya manusia.

Panitia tersebut berasal dari unsur Perangkat Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), dan Tokoh Masyarakat.

Selanjutnya tim penyusun naskah soal ujian tertulis telah mendapatkan pengarahan sekaligus mendapat materi pembuatan soal test tertulis dari Panitia Penjaringan untuk para calon peserta.

“Pagi ini tim penyusun naskah soal ujian tertulis telah mendapatkan pengarahan dan materi pembuatan soal untuk test ujian tertulis calon perangkat desa sedang berlangsung, proses pembuatan soal berlangsung sangat tertutup, tim penyusun soal tidak di perkenankan membawa handphone untuk menghindari kebocoran soal test ujian,” ungkap Kepala Desa Muncang, Mashuri atau akrab disapa Bonny, Minggu (3/12/2023).

“Kemudian ruangan untuk penyusun soal di periksa oleh keamanan dan sebagian saksi dari peserta,ada 5 materi ujian tertulis yakni,Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Pemerintahan, Pengetahuan umum,” imbuhnya.

Pada pengisian Perangkat Desa Muncang tahun ini, Pemerintah menetapkan bahwa mekanisme yang digunakan adalah dengan melaksanakan tes ujian baik untuk pengisian Sekdes maupun Kadus. Ujian meliputi ujian tertulis dan ujian praktek.

Materi yang diujikan secara tertulis pun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang memakai materi soal pengetahuan umum, untuk saat ini akan lebih spesifik ke bidang Pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pengetahuan teknis pemerintahan desa saja.

Lebih lanjut, Bonny menyampaikan, setelah pembuatan soal selesai, test tertulis akan dilaksanakan pada siang ini sekitar pukul 13:00 wib dan akan dilaksanakan di kantor Balai Desa Muncang.

Terlepas dari pernyataan tersebut, semuanya bergantung dari Tim Penguji yang ditetapkan untuk menyelenggarakan Ujian Pengisian Perangkat Desa.

Bonny kembali menegaskan bahwa Tim Penguji yang ditetapkan harus kredibel dan komitmen terhadap tanggung jawab yang diembannya.

“Harapannya pengisian Perangkat Desa nanti bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan serta jauh dari anggapan-anggapan miring masyarakat dan kebutuhan sumber daya manusia di Pemerintah Desa Muncang nanti bisa terisi oleh orang-orang yang tepat sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Muncang,” tutup Bonny.

Hadir dalam acara, Kepala Desa beserta seluruh jajaran, Babinsa, Babinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama serta tamu undangan lainya. (Mas Al)*