News  

Ribuan Siswa dan Guru di Kecamatan Comal Antusias Ikuti Jalan Sehat HUT PGRI

Dibaca : 1067

BINEWS JATENG | Pemalang – Ribuan peserta yang terdiri dari siswa dan siswi beserta Guru yang tergabung dalam organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Comal antusias dan guyub rukun mengikuti acara jalan sehat, pada Kamis (23/11/2023).

Acara jalan sehat diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 PGRI dan Hari Guru Nasional 2023. Itu dibuka langsung oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat dan dipusatkan di Taman Kota Comal (TKC), Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, saat sambutannya berpesan kepada para pengisi panggung hiburan mesti berpakaian sopan karena banyak penonton anak – anak. Namun pihaknya mempersilahkan kepada peserta untuk bernyanyi guna meriahkan acara.

“Boleh nyanyi tapi yang sopan. Ngga apa apa, itu lebih ramai tapi pakaiannya yang bagus, sopan, dan rapih,” pesan Mansur.

Foto Istimewa : Ketua PGRI Cabang Kecamatan Comal, Slamet Duhroni, S.Pd., M.Si Saat diwawancara di Taman Kota Comal, Kamis (23/11/2023).

Dihadapan para wartawan, Mansur mengungkapkan apresiasi kepada PGRI Cabang Kecamatan Comal karena telah guyub rukun gurunya patut dijadikan contoh.

“Acara ini adalah guyub rukun dari para guru, ini patut di contoh untuk kita semuanya,” kata Mansur.

Mansur menambahkan dengan guyub rukun, masyarakat bisa bersama sama membangun Kabupaten Pemalang. Karena tidak mungkin Pemerintah secara sendiri membangun Kabupaten Pemalang tercinta.

“Sehingga ini pesan buat kita semua warga masyarakat Pemalang, ayo guyub rukunnya, gotong royong nya di tingkatkan kembali karena itu adalah budaya bangsa yang luhur dan luar biasa yang harus kita tetap jaga,” tambah Mansur

Pada momen Hari PGRI ke 78 tahun dan Guru Nasional 2023, Mansur kembali berpesan kepada guru agar tetap semangat untuk mengajar dan mendidik siswa dan siswi.

“Guru bukan hanya mengajar tetapi mendidik. Setelah mengajar bagaimana anak kita didik menjadi anak yang akhlakul karimah. Tidak hanya mengajar habis itu pergi tetapi mendidiknya itu yang paling terpenting,” kata Mansur.

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Kecamatan Comal, Slamet Duhroni, mengatakan, dalam peringati Hari PGRI dan Hari Guru Nasional 2023 selain jalan sehat ada lomba Bola Voli, lomba duet nyanyi, dan lomba senam sehat serta tentunya sudah disiapkan hadiah menarik untuk para pemenang.

“Besok masih ada upacara besar di tanggal 25 November dan ditutup pada 28 November dengan resepsi,” ucap Slamet Duhroni.

Terkait pesan yang disampaikan Bupati Pemalang bahwa guru bukan hanya mengajar tetapi mendidik, Ketua PGRI Cabang Kecamatan Comal sepakat bahkan melatih.

“Memang guru itu tugasnya tidak hanya mengajar. Guru itu tugasnya mengajar, mendidik, dan melatih. Mengajar itu ilmu, mendidik itu kaitannya perilaku. Kemudian kalau melatih itu kaitannya dengan keterampilan siswa. Jadi siswa tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga mempunyai perilaku yang oke serta memiliki keterampilan,” ujar Slamet Duhroni.

“Tetap semangat, tetap solidaritas untuk guru Kecamatan Comal dan kami PGRI Cabang Kecamatan Comal tetap meminta daya dukung yang positif kepada organisasi ditingkat Kecamatan ini,” tambahnya.