Pemda Pemalang Gelar Pasar Murah Guna Tekan Inflasi Harga Bahan Pokok

Dibaca : 615

BINEWS JATENG | Pemalang – Guna menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok, Pemerintah Daerah (Pemda) menggelar Pasar Murah di Desa atau Kelurahan yang ada di berbagai Kecamatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Pelaksanaan Pasar Murah tersebut, salah satunya di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Pemalang, yang diselenggarakan pada Selasa, 21 November 2023.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) telah melaksanakan Pasar Murah di Desa Pedurungan Kecamatan Taman, Desa Serang Kecamatan Petarukan, Desa Pesantren Kecamatan Ulujami, Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading, dan Desa Pecangakan Kecamatan Comal.

Kepala Plt Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Junaedi Muslim, mengatakan, dengan adanya Pasar Murah yang diselenggarakan maka masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

“Insya Allah tujuan kita adalah untuk meringankan masyarakat dalam rangka dampak inflasi yang ada disini,” kata Junaedi di sela-sela acara Pasar Murah di Kantor Kelurahan Kebondalem.

Junaedi menjelaskan, sebanyak 3.150 paket sembako berisikan Beras 3 Kg, Gula Pasir 1 Kg, dan Minyak Goreng 1 Kg untuk di Kelurahan Kebondalem.

Terkait harga yang isunya Rp.20 ribu Per paket, pihaknya membantah bahwa Diskoperindag Kabupaten Pemalang menjualnya dengan harga Rp.17 ribu Per paket.

“Yang kemarin tidak ada harga Rp.20 ribu, selain harga Rp.17 ribu. Jadi harga dari kami itu tetap Rp.17 ribu dari awal,” tegasnya.

Sementara itu, Soleha (45) salah satu warga RT 02 RW 02 Kelurahan Kebondalem merasa gembira karena adanya pelaksanaan Pasar Murah. Dirinya juga mengaku telah mendapatkan harga Rp.17 ribu untuk menebus 1 paket sembako yang semestinya untuk harga normalnya di kisaran harga Rp.70 ribuan.

“Seneng sekali. Ya pengin terus buat tambah tambah bantuan,” ucap Soleha.

Hal senada juga diungkapkan Fitri (46) Warga RT 05 RW 02, Kelurahan Kebondalem. Selain bahagia, dia juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pemalang Mansur Hidayat karena telah diadakan Pasar Murah di Kelurahan Kebondalem.

“Terimakasih Bapak Bupati atas pemberiannya (sembako murah). Saya orang ngga punya bahagia sekali menerima bantuan dari Bapak Bupati diadakan Pasar Murah,” ucap Fitri.