Kemenpan RB Berikan Penghargaan Inovasi Terbaik, Kepada Pemkab Bangka

Dibaca : 1194

BINEWS II Pangkalpinang – Pemerintah Kabupaten Bangka telah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berasal dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) maupun penghargaan tingkat regional dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diserahkan bertepatan dengan perayaan HUT Provinsi Bangka Belitung ke 23, tempat halaman Kantor Gubernur Babel, selasa (21/11).

Sebelumnya Pj Bupati Bangka, diwakili oleh Kepala Bappeda Pan Budi Marwoto, telah menerima Penghargaan tersebut yaitu Penghargaan Inovasi Terbaik se-Indonesia dari Menteri PAN-RB RI Abdullah Azwar Anas, didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa, di Hotel Bidakara Jakarta beberapa hari lalu.

Menanggapi perolehan penghargaan ini menurut Pj Bupati Bangka, M. Haris, AR, AP., M.H, bukan hanya sekadar pengakuan atas keberhasilan Kabupaten Bangka dalam merintis inovasi di tingkat nasional, tetapi juga hasil dari upaya kolaboratif, dedikasi, dan kerja cerdas seluruh pihak di Kabupaten Bangka, dengan menekankan komitmen Kabupaten Bangka untuk terus menjadi pelopor inovasi baik di tingkat nasional maupun regional.

“Penghargaan ini adalah hasil dari kerja cerdas, dedikasi, dan kolaborasi semua pihak yang ada di Kabupaten Bangka. Kami terus berkomitmen untuk terus melibatkan inovasi sebagai instrumen utama pembangunan daerah. Kita berada di tengah-tengah revolusi industri 4.0, dan Kabupaten Bangka tidak hanya bersiap menghadapinya, tetapi juga memimpin dengan menjadi pelopor inovasi di tingkat nasional maupun regional. Ini adalah suatu momentum penting bagi kita untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan membawa kemajuan kesejahteraan bagi masyarakat,” terang Haris.

Kabupaten Bangka, dilihat sebagai bagian barometer inovasi pembangunan untuk Indonesia, berhasil meraih Penghargaan Inovasi terbaik se-Indonesia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Prestasi ini diperoleh dalam acara prestisius “Awarding Top 45 Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Republik Indonesia” di Jakarta.

Penghargaan kompetisi Inovasi dan juga Pelayanan Publik, yang telah diterima oleh Kabupaten Bangka sebanyak 10 kali dan secara konsisten dan berturut-turut, hal itu menunjukkan komitmen pemerintah pusat dalam memberikan penghargaan dan insentif kepada daerah yang berhasil menerapkan inovasi terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Pentingnya Penghargaan Inovasi Terbaik se-Indonesia ini semakin terasa karena diselenggarakan pada tahun yang sangat spesial, yaitu tahun ke-10 gerakan One Agency One Innovation dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang pertama kali digelar pada tahun 2014. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pemerintah pusat, kementerian, lembaga, BUMN, provinsi, dan kabupaten/kota dari seluruh Indonesia.

Penghargaan tertinggi dalam kategori Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023 tidak hanya diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, tetapi juga kepada BUMN dan BUMD. Salah satu inovasi yang meraih penghargaan adalah inovasi pengelolaan ekosistem laut.

“Kabupaten Bangka juga telah berhasil mengusung gagasan serta pengelolaan ekosistem kelautan dan memperhatikan prinsip-prinsip dalam hal pembangunan berkelanjutan, mencakup aspek adanya lingkungan, ekonomi, maupun sosial.
Inovasi ini bukanlah hasil dari usaha individual, melainkan dari aksi kolaborasi yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” kata Haris.

Keberhasilan Kabupaten Bangka juga tercermin dalam Kompetisi Inovasi serta Pelayanan Publik baik itu tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023, di mana Kabupaten Bangka kembali meraih penghargaan Inovasi terbaik.

“Kali ini, inovasi yang diusung adalah “Laboratorium Inovasi.” Inisiatif ini telah membawa gagasan sistematis dan juga terintegrasi dalam membangun inovasi yang kuat dan berkelanjutan di Kabupaten Bangka,” ucapnya.

Penyerahan penghargaan yang dilakukan langsung oleh Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Dr. Safrizal ZA, M.Si, pada acara peringatan hari jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-23, yang menandai pencapaian kedua secara konsisten dan berturut-turut untuk di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Penghargaan ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kabupaten Bangka atas upayanya dalam menerapkan solusi inovatif yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Pencapaian ini menjadi bukti konkrit bahwa Kabupaten Bangka berhasil membangun iklim inovasi yang tangguh, memajukan berbagai sektor pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto, juga memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai upaya inovatif yang kini telah dilakukan. Menurutnya, inovasi Itu telah menjadi fundamen bagi setiap tahapan pembangunan di Kabupaten Bangka.

“Kami merancang program-program inovatif secara sistematis multi tingkat di berbagai level, yang telah membuktikan keberhasilan dalam hal meningkatkan kualitas hidup semua,” ujar Pan Budi.

Dikatakannya, bahwa penghargaan ini akan memperkuat tekad mereka untuk terus menciptakan ekosistem yang kondusif bagi inovasi, sambil tetap melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Inovasi, menurutnya, tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan melalui berbagai metode.
Penghargaan Inovasi terbaik se-Indonesia ini juga menjadi pengakuan atas upaya Kabupaten Bangka dalam menciptakan kebijakan inovatif berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan yang berkelanjutan, serta pelayanan publik.

“Prestasi Kabupaten Bangka dalam meraih penghargaan inovasi terbaik se-Indonesia menciptakan momentum positif dalam perjalanan pembangunan daerah ini. Pemerintah Kabupaten Bangka berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menjadikan Kabupaten Bangka sebagai contoh keberhasilan dalam mewujudkan visi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Dengan adanya pencapaian gemilang ini, Kabupaten Bangka bukan hanya menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia, akan tetapi juga menunjukkan bahwa kolaborasi, dedikasi, dan fokus pada inovasi adalah kunci dari keberhasilan pembangunan secara berkelanjutan. Kabupaten Bangka membuktikan bahwa mereka tidak hanya untuk menghadapi rtantangan revolusi industri 4.0, tetapi juga memimpin melalui inovasi yang membanggakan menjadi tonggak penting bagi pembangunan daerah menyeluruh. Dengan tekad yang kuat dan semangat inovatif yang tinggi, Kabupaten Bangka dengan bangga melangkah maju, siap menyongsong masa depan yang lebih cerah.