Puluhan Tahun Baru Terwujud Workshop Perhotelan, SMK El John Sungailiat Miliki Fasilitas Praktek Lengkap

Dibaca : 1399

BINEWS II Kabupaten Bangka – Setelah menanti selama puluhan tahun, akhirnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) El John Sungailiat dapat memiliki Workshop Perhotelan/Hotel Mini dengan dukungan fasilitas praktek yang lengkap untuk para siswa-siswi dalam melaksanakan praktek di sekolah.

Adapun fasilitas penunjang yang tersedia meliputi, Front Office, Bar and Restourant, Housekeeping dan gudang penyimpanan. Dalam waktu dekat, gedung Workshop itu segera diserahterimakan dari pihak pelaksana kepada pihak SMK El John Sungailiat serta akan segera di resmikan.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMK El John Sungailiat, Andi Antartika kepada Berita Indonesia News, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, selasa (21/11) siang.
Menurutnya, ini suatu penantian panjang yang sudah ditunggu-tunggu dan sangat diharapkan oleh para siswa-siswi maupun pihak sekolah dengan adanya Fasilitas Gedung baru Workshop Perhotelan atau Mini Hotel ini di SMK El John Sungailiat.

Untuk tahun 2023, SMK El John Sungailiat memang telah mendapatkan bantuan dari Provinsi Kepulauan Babel melalui Dinas Pendidikan sebanyak 3 ruang kelas baru serta satu gedung praktek baru/workshop Perhotelan baru. Sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan, batas akhir pengerjaannya berakhir pada tanggal 24 November 2023. Dan sekarang ini hanya tinggal merapikan dan menata gundukan tanah di sekitar bangunan-bangunan itu saja, bekas galian fondasi dari bangunan tersebut.

“Alhamdulilah, kami sangat bersyukur sekali bahwa pengerjaan fisik dari gedung baru kita berupa 3 ruang kelas baru serta gedung praktek workshop perhotelan kita tepat waktu dalam pengerjaannya. Berdasarkan perjanjian dan tenggat waktu yang telah ditetapkan, setelah tanggal 24 november nantinya, pihak pelaksana akan segera menyerahkan bangunan-bangunan baru itu kepada kita dan nantinya akan segera dilakukan peresmian oleh pihak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kemungkinan bisa PJ Gubernur Babel yang langsung meresmikan atau pejabat lainnya yang ada di Provinsi,” terang Andi.

Dikatakan Andi, khususnya untuk Gedung praktek/Workshop Perhotelan tersebut, fasilitas penunjang dan pendukung yang tersedia meliputi, kantor depan atau biasa di sebut Front Office serta Resepsionis. Kemudian, ada Bar and Restourant atau Restoran dan dapur atau Kitchen, serta ruang kamar tamu atau Housekeeping.

“Dengan adanya gedung praktek baru bagi para siswa-siswi, diharapkan memberikan semangat dan motivasi untuk mendukung praktek khususnya bidang perhotelan di sekolah kita. Kami akui, selama ini pihak SMK El John Sungailiat untuk melakukan praktek sekolah bidang perhotelan harus melaksanakannya di ruang sekolah serta hotel-hotel yang ada di seputaran kota Sungailiat. Seperti hotel Tanjung Pesona, Parai beach resort, Novila dan lainnya,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk kedepannya nanti dengan adanya Workshop Perhotelan ini, dapat memberikan nilai manfaat dan juga pendapatan atau income buat sekolah. Seperti dengan adanya fasilitas Laundry yang ada di ruang praktek tersebut, dapat di manfaatkan dengan menerima jasa dan pencucian baju plus setrika lengkap. Atau adanya peralatan Dapur dan Restoran ini juga untuk menerima pesanan kebutuhan Catering seperti lauk pauk dan kue-kue.

“Jadi nanti para siswa-siswi lebih untuk kita berdayakan sekalian menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan adanya praktek langsung khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal ini, kami sudah melakukan penjajakan dengan pihak Parai beach resort untuk kedepannya semua pengerjaan laundry yang ada di El Prada di Parai hotel segera kita yang akan mengerjakannya, dengan sistem antar jemput pesanan. Maupun untuk pesanan-pesanan catering kita juga akan lakukan,” pungkasnya. (Amin)