Ekobis  

LMP Macab Bangka Gelar Pelatihan, TKM PKK Kawasan dan Desain Kemasan Produk

Dibaca : 1467

BINEWS II Kabupaten Bangka – Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang untuk Kabupaten Bangka menggelar pelatihan TKM PKK Kawasan dan Desain Kemasan Produk UMKM diikuti peserta sebanyak 16 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Adapun program kegiatan ini berasal dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian pusat. Pelatihan tersebut, dilaksanakan selama dua hari (13-14) November 2023. Tempat kegiatan dilakukan di Sungailiat, selasa (14/11) sore.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua pelaksana kegiatan, Gessa Arraniry, kepada Berita Indonesia News, saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan itu.
Menurutnya, program desain kemasan ini khususnya UMKM berasal dari program BLK Kementerian pusat.
“Kami melalui organisasi laskar merah putih macab Bangka, mencoba untuk mengambil program ini untuk kita bagi kepada para penggiat UMKM yang ada di Sungailiat. Pelaksanaan kegiatan sendiri sudah kami laksanakan mulai dari senin kemarin hingga hari ini,” terang Gessa.

Dikatakannya, untuk peserta mengikuti kegiatan ini sebanyak 16 UMKM yang ada di Sungailiat. Berasal dari berbagai jenis usaha produk yang dihasilkan ataupun di perdagangkan kepada konsumen. Intinya dengan adanya pelatihan desain kemasan ini untuk menaikkan citra produk usaha maupun kemasan produknya agar dapat lebih bersaing di pasaran.

“Saya selaku ketua panitia pelaksana, kita ingin agar para penggiat UMKM ini dapat naik kelas. Artinya produk makanan serta minuman yang di tawarkan kepada para konsumen, atau yang dihasilkan di bikin biar lebih menarik lagi. Serta dapat untuk bersaing di pasaran. Tadinya para UMKM ini hanya berjualan di kaki lima/pinggir jalan sampai bisa memiliki usaha sendiri,” ucapnya.

Lebih lanjut, Gessa menyampaikan bahwa setelah pelatihan ini nantinya para UMKM ini akan di bentuk kelompok usaha, yang nantinya mereka ini akan di support untuk dapat mengambil modal usaha, baik yang ada di Kabupaten, Provinsi, serta pusat.

“Terkait pelatihan ini sendiri, karena dari pusat serta tidak ada standarisasi, maka peserta yang mengikutinya mendapatkan fasilitas berupa, baju atau seragam serta uang saku maupun sertifikat dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang (Macab) Bangka, Ari Sopian menjelaskan bahwa program pelatihan ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Ini baru pertama kali untuk di Provinsi Bangka Belitung dan kegiatan ini file projectnya di Kabupaten Bangka.

“Kami dari laskar merah putih membuka diri, mungkin selama ini biasanya ketika ormas yang melakukan kegiatan arahnya biasanya lebih terobosan-terobosan lain. Namun kita sadari bahwa, LMP sendiri ada bidang untuk koperasi dan UMKM. Sehingga kita bersama teman-teman ini untuk dapat membuat program baru dan bagaimana setelah adanya pelatihan ini kedepannya, kita akan mengelompokkan para UMKM ini sehingga mereka nantinya dapat berkesinambungan kedepannya,” pungkasnya. (Amin)