Satuan Tugas Sektor 20 Sub 7 Sukakarya, Bersihkan Sampah, Rumput dan Pohon Liar Jaga Kebersihan Kali Cikarang Hilir

Dibaca : 239

BI NEWS || JABAR, KABUPATEN BEKASI – Untuk menjaga kebersihan dan keberlangsungan ekosistem anak sungai Citarum kali Cikarang Hilir, Sektor 20 melalui Sub 07 Sukakarya terus berupaya melakukan pembersihan dengan membersihkan sampah, rumput dan pohon liar yang tumbuh menutupi badan kali Cikarang Hilir, Sabtu (09/10/21).

Kali ini pembersihan yang di komandoi langsung oleh Pelda Hidayatullah Dansub 7 Sukakarya melaksanakan pembersihan di wilayah Kp. Oben RT 6/02 Desa Sukakarya, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang merupakan giat rutin Satuan Tugas Sektor 20 Citarum Harum dalam upaya menjaga kebersihan dan keberlangsungan ekosistem kali Cikarang Hilir anak sungai Citarum.

“Selain membersihkan sampah, dalam kegiatan, kita juga membersihkan rumput dan pohon liar yang tumbuh menutupi badan sungai, karena selain tak elok di pandang mata, sampah dan rumput serta pohon liar dapat menghambat aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir, ” terang Hidayat yang merupakan personel Koramil 10/Sukatani

 

Semua terus kita bersihkan, bahkan ini sudah menjadi giat rutin Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 20 di wilayah Koramil 10/Sukatani, tambah Hidayat

Selain membersihkan kali Cikarang Hilir, ujar Hidayat, Satgas juga melakukan komsos, komunikasi sosial bersama warga masyarakat, baik para tokoh, unsur pemuda dan tokoh agama, bahkan dengan Instansi pemerintah baik Desa maupun Kecamatan.

 

“Komunikasi sosial juga terus di lakukan, untuk mensosialisasikan tujuan program Citarum Harum, yang selama ini kami lakukan di sepanjang Kali Cikarang Hilir, dengan terus menghimbau agar tidak membuang sampah sembarangan dan terus memberikan edukasi akan pentingnya kebersihan sungai dan perilaku hidup bersih dan sehat, ” jelas Pelda Hidayat yang juga sebagai Babinsa Desa Sukakarya.

Dia pun menjelaskan. Pembersihan di lakukan di mulai pagi hari, dengan sebelumnya melaksanakan apel pagi terlebih dahulu, untuk memberikan arahan dan pengecekan personel dan kelengkapan materil, dan terus di lanjutkan dengan melaksanakan kegiatan pembersihan, jelasnya.

 

Meskipun dengan alat seadanya, hanya menggunakan parang, sabit dan golok, namun personel tetap semangat, tertib dan lancar, dan mampu membersihkan 50 meter panjang kali dan 5 kubik eceng gondok yang dapat di angkat dalam kegiatan, pungkas Hidayat Dansub 7 Sukakarya Koramil 10/Sukatani.

 

(Juheri/Jpch)