Diduga Arus Pendek Satu Unit Rumah Di Desa Sosor Dolok Terbakar

Dibaca : 227

BINEWS II Sumut, Kab Samosir – Diduga akibat arus pendek satu unit rumah wargs di Desa Sosor Dolok terbakar.

 

Sesuai pemberitaan mistar sebelumnya, Satu unit Rumah warga Pamduman di Dusun Satu Desa Sosor Dolok Kec.Harian Kab. Samosir, hangus dilalap sijago merah.

 

Kejadian naas tersebut terjadi pada Rabu,(10/02/2021) sekira Pukul 10.30 wib.

 

Diketahui pemilik rumah tersebut adalah ibu Tio Malau (84 thn). dan menurut keterangan anak ibu Tio Malau, Sampe Sinaga kepada wartawan, bahwa sehari-harinya rumah yang terbakar tersebut ditempati ibunya untuk tidur. Namun untuk kegiatan masak memasak tidak pernah dilakukan disana. Karena sehari-harinya, ibunya makan dirumahnya.

 

Ada lima orang Saksi-saksi pada saat kejadian tersebut yaitu Sampe sinaga, Lk, 39 Thn, Petani, Yuliana, Pr (Jawa), 32 petani, Benni Simbolon, 31 Thn, LK, Perangkat Desa Sosor dolok, Parulian Sinaga,33 Thn, LK, pekerjaan perangkat desa Sosor dolok, dan Sinur Sagala, 48 Thn, LK,petani . Semua saksi tersebut tinggal didesa yang sama.

 

Menurut keterangan salah seorang saksi mata atas nama Yuliana Istri dari Sampe Sinaga. Sekira pukul 10.00 Wib, Yuliana masih berada didalam rumahnya tak lama ia keluar dari dalam rumah, sudah melihat rumah Ibu Tio Malau ada Asap tebal dan terlihat api dalam rumah tersebut.

 

Melihat kepulan asap tebal serta api didalam rumah mertuanya, Yuliana meneriakkan kebakaran dan segera menjumpai suaminya Sampe Sinaga yang berada dalam rumah, dan mengabari bahwa rumah ibunya yang berada disebelah sudah terbakar dan api cukup besar.

 

Mendengar berita dari istrinya, Sampe Sinaga yang baru tiba dirumah, sepulang dari onan (pekan) Pasar Pangururan . langsung memanggil beberapa warga sekitar. Kemudian masyarakat yang mendengar berita serta melihat asap bercampur api, masyarakatpun ikut serta membantu memadamkan api dengan cara manual. dan kemudian menghubungi petugas damkar Pemkab Samosir, untuk memadamkan api yang cukup besar.

 

Api sempat merembet ke rumah milik seorang warga, namun dengan sigap petugas Damkar Pemkab Samosir dapat menjinakkan sijago merah dan Pada pukul 12.30 wib api dapat di padamkan.

 

Untuk melengkapi proses penyelidikan, Polsek harian memintai keterangan kepada ibu Tio Malau, dan memberikan keterangan dia sedang berada diluar rumah milik anaknya Sampe Sinaga untuk kegiatan mengupas bawang.

 

Saat di introgasi Saksi atas nama Sampe Sinaga dan istrinya Yuliana mengakui bahwa rumah ibunya tiba tiba terbakar dan diduga karena hubungan Arus Pendek.

 

Adapun langkah – langkah yang di lakukan oleh Polsek harian adalah Mengamankan TKP dengan membuat Policeline, mencatat Saksi – Saksi yang mengetahui kejadian tersebut, serta mengamankan barang bukti

 

Kasubbag Humas Polres Samosir, Iptu Marlan Silalahi ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler pukul 21.00 wib mengatakan Kebakaran yang terjadi di Desa Sosor Dolok Kec.Harian berhasil menjinakkan api yang sempat merembet kerumah sebelah.

 

Namun sangat disayangkan rumah milik ibu Tio malau tidak bisa diselamatkan, karena mobil damkar milik Pemkab Samosir armadanya belum ada disetiap Kecamatan.

 

Sehingga menunggu mobil pemadam kebakaran dari kota Pangururan- harian yang jaraknya kurang lebih 50 Km, rumah milik Tio Malau tidak bisa diselamatkan .

 

Iptu Marlan Silalahi berharap kedepan harus ada mobil kebakaran di tiap-tiap kecamatan, sehingga akan lebih sigap melakukan pertolongan pemadaman.

 

Kebakaran rumah tersebut di ketahui tidak ada korban jiwa, namun ditaksir kerugian materi Sekitar Dua Ratus Juta Rupiah.(Supriadi).