Tanggul Sungai Bah Hapal Jebol Ancam Rumah Warga Batu Bara

Dibaca : 178

BINews II Sumut, Kab Batu Bara – Akibat intensitas curah hujan tinggi tanggul sungai Bah Hapal di Sei Titi Merah, Desa Perkebunan Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador dan Desa Bandar Rawa Kabupaten Simalungun jebol sepanjang lebih dari 20 meter

 

Akibat yang ditimbulkan air melimpah hingga ratusan hektare lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat dan PTSU Tanjung Kasau terendam air.

Debit air tinggi yang mengakibatkan tanggul sungai jebol juga mulai menyerang pemukiman warga di enam desa di Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara.

 

Mendapat informasi tersebut Asisten II Setdakab Batu Bara Sahala Nainggolan yang juga Plt Kepala BPBD Kabupaten Batu Bara langsung turun ke lokasi, Kamis (14/01/2021) sekitar pukul 17.00 Wib.

 

Pada saat peninjauan, Sahala menyaksikan langsung derasnya luapan banjir Sei Bah Hapal yang terus semakin tinggi dan mulai menyerang permukiman warga antara 20 hingga 40 Cm.

Melihat kondisi tersebut Sahala berjanji akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait serta menurunkan peralatan yang dibutuhkan. (Supriadi)