News  

BPI KPNPA RI, Minta Forkopimda Tutup Seluruh Objek Wisata Di Batu Bara Karena Berpotensi Timbulkan Cluster Baru Covid-19,

Dibaca : 164

BINEWS II Sumut, Kab Batu Bara, – BPI KPNPA RI, meminta jajaran Forkopimda Batu Bara menutup seluruh lokasi objek wisata di Batu Bara karena berpotensi timbulnya cluster baru Covid-19,

 

Berkaitan dengan rencana membuka kembali pembelajaran tatap muka yang sempat digaungkan Desember 2020 akhirnya gagal karena wabah Covid-19 masih merajalela.

 

Bahkan Kapolri telah mengeluarkan Maklumat yang melarang segala bentuk perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Isi maklumat tersebut juga menginstruksikan pembatasan jemaat yang melaksanakan ibadah Nataru.

 

Namun menurut pandangan aktivis Sultan Aminuddin yang akrab disebut Ucok Kodam kepada wartawan, Selasa (05/01/2021) kondisi tersebut berbanding terbalik dengan bebasnya lokasi wisata diawal tahun 2021 ini.

 

“Ini berbanding terbalik. Sekolah tatap muka ditunda, ibadah dibatasi bahkan tanpa perayaan Nataru. Namun disisi lain lokasi wisata diserbu pengunjung hingga berdesak-desakan hingga terjadi kerumunan”, ketus Ucok Kodam.

 

Ketua Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Kabupaten Batu Bara tersebut

 

mengingatkan kondisi bebasnya pengunjung masuk ke lokasi wisata bisa saja menjadi cluster baru penyebaran Covid-19.

 

Diakui Ucok Kodam memang banyak pelaku UMKM yang ketiban rezeki dengan membludaknya pengunjung ke lokasi wisata namun menurutnya itu tidak sebanding dengan resiko yang dapat timbul dikemudian hari.

 

Terkait itu, Ucok Kodam yang menyatakan tidak ada unsur mematikan usaha, minta Pemkab Batu Bara menutup seluruh lokasi wisata di Kabupaten Batu Bara.

 

“Kalau kita serius menghentikan penyebaran Covid-19, harus berani mengambil kebijakan yang tidak populer meski mendapat tantangan dari berbagai pihak”, tegas Ucok Kodam mengakhiri .

 

(Supriadi)