https://www.beritaindonesianews.id/wp-content/uploads/2024/01/1705142765183-scaled.jpg


Serikat Pekerja, Ormas dan Mahasiswa di Klaten Bersama -Sama Tolak Unjuk Rasa Anarkis

Dibaca : 776

BINEWS || KAB. KLATEN- Berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Klaten dengan penuh kekompakan mendeklarasikan diri untuk menolak unjuk rasa anarkis pada Senin pagi (19/10).

 


Bertempat di Monumen Juang 1945 Klaten, deklarasi dilakukan oleh perwakilan dari serikat pekerja, perwakilan BEM, organisasi masyarakat (ormas), ormas keagamaan, organisasi kepemudaan di Klaten.

Selain itu, turut serta dalam deklarasi tersebut Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko, Kapolres Klaten, Ketua DPRD Klaten, Dandim 0723 Klaten, Forkopimda, MUI Klaten, FKUB, dan seluruh kapolsek

 

Deklarasi dipimpin dan dibacakan secara langsung oleh Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo yang ditirukan oleh seluruh peserta yang hadir.

 

“(1) menolak unjuk rasa anarkis dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, (2)menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Klaten, (3) melaksanakan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, (4) tidak terpengaruh dengan berita-berita hoax yang memprovokasi, (5) mendukung Polri dan TNI menindak pelaku kerusuhan atau anarkis dalam unjuk rasa” isi naskah deklarasi yang dibacakan Ketua DPRD Klaten.

PJs Bupati Klaten mengungkapkan bahwa kebebasan dalam berpendapat dilindungi oleh undang-undang, namun demikian tidak dilakukan dengan cara yang anarkis dan mengganggu ketertiban umum.

 

“Deklarasi menolak aksi-aksi yang anarkis, tentu tetap menjamin kebebasan berserikat, kebebasan berkumpul, kebebasan untuk mengungkapkan aspirasi, mengungkapkan pendapat, namun tidak dengan anarkis. Dengan tetap menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat” Ungkap Pjs Bupati Klaten.

 

Pihaknya menambahkan, pendapat ataupun aspirasi dapat disampaikan melalui saluran-saluran yang ada dengan baik, tanpa harus dengan tindakan anarkis.

 

Terkait hal tersebut, Ketua DPC Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Klaten, Sukadi, menuturkan bahwa pihaknya telah menghimbau anggota-anggotanya yang ada di perusahaan.

 

Sukadi pun turut mengapresiasi adanya deklarasi untuk menolak unjuk rasa anarkis ini.

 

“Kami sudah himbau anggota kami, yang jelas kami juga inginkan agar tidak ada yang namanya tindakan-tindakan anarkis” Ujar Sukadi.

(Iwa.K-Red)

 

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten