Polisi  

Kapolres Batu Bara Beserta Jajaran Monitor Tempat Wisata Kolam Air Panas Citra

Dibaca : 283

BINEWS SUMUT II KAB BATU BARA

Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb.SH.SIK beserta jajaran laksanakan giat monitor tempat eisata kolam air panas Citra di Desa Sumber Padi, Kec Lima Puluh, Kab Batu Bara, Sabtu,(13/04/2024)

Sebagaimana diketahui bahwa Pemandian Air Panas Citra adalah Objek Wisata Terapi yang banyak dikunjungi warga yang berwisata sekaligus menyegarkan badan.

Pada kegiatan monitor tersebut rombongan Kapolres Untuk sampai ke lokasi harus melalui jalan PKS Dolok Estate PT Lonsum Kebun Dolok terus kebelakang pabrik sejauh lebih kurang 2,5 Km.

Kapolres ternyata sangat antusias melihat kondisi pemandian, dimana disamping berwisata sekali Gus bisa terapi untuk mendapatkan kebugaran

Begitu masuk lokasi pemandian air panas, terlihat ada beberapa kolam tempat berendam dengan ukuran 10×15 meter serta 2 kolam kecil untuk kepuasan mandi dengan pancuran besar.

Pengunjung yang datang ke lokasi dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti pondok tempat istirahat, musholla, tempat menitipkan barang berharga, warung makan dan minum sertai gerai souvenir khas Batu Bara dan ini sangat komplit.

Citra Muliadi Bangun.SH.MSi selaku pemilik tempat tersebut mengatakan trimakasihnya atas kunjungan Kapolres beserta jajaran sembari menerangkan bahwa Pengunjung yang datang dipemandian air panas ini tidak hanya dari Batu Bara saja, namun banyak juga yang dari kabupaten lain, mereka datang selain untuk rekreasi, sekalian terapi, terutama yang menderita penyakit strok, asam urat, nyeri sendi, jantung, untuk melancarkan peredaran darah

Disamping itu, maksud dan tujuan Citra membuka lokasi pemandian yang telah dikunjungi warga dari Siantar, Simalungun, Asahan, Medan dan daerah lain di Sumatera Utara adalah untuk membuka lapangan kerja bagi warga setempat.

Puluhan warga kini mendapatkan penghasilan dari usaha warung, penitipan kendaraan dan pengusaha penganan khas Batu Bara yang menitipkan produknya di tempat tersebut.

“Memang belum sempurna, gerai kita masih sangat sederhana karena semuanya kita buat secara swadaya. Meski begitu kita menerima titipan produk khas Batu Bara baik penganan maupun souvenir di gerai kita” ujar Citra.

Diwujudkan tahun awal Tahun 2018, kolam pemandian air panas tersebut sebenarnya memanfaatkan sumur bor air panas yang dibangun Pemkab Batu Bara tahun 2017.

Sumur bor tersebut dimaksudkan untuk menambah debit air kolam pembibitan ikan yang dikelola UPR Sumber Jaya. Namun sebelum masuk ke kolam, air panas harus didinginkan terlebih dahulu.

Disinilah pihaknya melihat prospek usaha untuk mensejahterakan warga Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh khususnya Dusun III.

Sebagaimana diketahui, Dengan dana pribadi, Citra membangun kolam-kolam pendingin yang dapat dimanfaatkan warga untuk berendam air panas.

Kegiatan tersebut juga tidak luput dari pantauan sejumlah wartawan berbagai media mitra Polres Batu Bara, (Supriadi)