Disparpora Pemalang Berbenah, Objek Wisata Widuri Bakal Ada Festival Kupat di Libur Lebaran

Dibaca : 2664

BINEWS JATENG | Pemalang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) melakukan pembenahan dan berupaya mengaktifkan kembali wahana yang ada di Objek Wisata Pantai Widuri. Pembenahan telah dilaksanakan sekitar belasan hari lalu dan itu sebagai tindak lanjut atas kehendak masyarakat yang kangen menginginkan Pantai Widuri dibuka seperti dahulu.

Perihal tersebut diungkapkan Kepala Disparpora Kabupaten Pemalang, Dian Ika Siswanti, melalui Sekretaris Disparpora Kabupaten Pemalang, Sobirin, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/4/2024).

“Kami berusaha berupaya membersihkan wahana – wahana, kalau bisa di optimalkan kami akan mencoba aktifkan kembali kolam renang yang ada, tapi kalau tidak cukup waktu maka minimal Widuri akan bersih, nyaman kemudian sedap untuk di pandang,” kata Sobirin.

“Walaupun mungkin terpaksa kolam renang tidak nyampai target, maka di dalam sebenarnya banyak spot selfi yang indah seperti miniatur kereta kencana, kemudian patung zeus, patung komodo dan lainnya,” imbuhnya.

Guna meramaikan Pantai Widuri saat libur lebaran Idul Fitri 2024, menurut Sobirin, akan menyelenggarakan berbagai acara seperti Gebyar Lebaran yang di hibur oleh artis artis lokal pada tanggal 10 hingga 15 April 2024.

Tak hanya itu, guna menarik wisatawan untuk ke Pantai Widuri, Disparpora Pemalang juga bakalan mengadakan pesta besar “Festival Kupat Pemalangan” yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2024.

“Festival ini rencananya nanti di buka oleh Pak Bupati dan di ikuti oleh seluruh OPD. Tajuknya adalah lebaran berbagi sehingga nanti kupat dan lauknya dibagikan gratis,” ucap Sobirin.

Lebih lanjut, Sobirin mengungkapkan untuk Festival Kupat Pemalangan, pihaknya berencana menyiapkan 30 ribu ketupat dan akan di arak mulai dari Kantor Disparpora Pemalang hingga ke Sirkuit Widuri.

Sobirin juga mengutarakan bahwa pihaknya sedang menawarkan ke pihak penyedia jasa untuk wahana mainan anak – anak seperti Sepeda Listrik, Istana Balon, Mainan Air, atau komedi putar.

Ditanya terkait harga tiket masuk wisata Objek Wisata Pantai Widuri saat libur lebaran, Sobirin mengatakan sesuai perda yakni sebesar Rp.12.500 dan itu sudah termasuk asuransi.

“Widuri merupakan icon Pemalang. Dari dulu itu Widuri selalu dikunjungi penuh orang. Insya Allah tahun ini kami akan optimal berusaha sekuat tenaga membuat masyarakat itu betul – betul kangen dengan Widuri. Kami berharap setelah kangen dengan Widuri itu akan kembali lagi karena Insya Allah mulai dari kebersihan, keindahan, dan nanti spot foto nanti akan kami siapkan,” tukasnya. (SLAM)