Libur Lebaran Idul Fitri, Puluhan Ribu Orang Bakalan Padati Objek Wisata Widuri

Dibaca : 268

BINEWS JATENG | Pemalang – Puluhan ribu orang bakalan padati Objek Wisata Pantai Widuri, Pemalang, Jawa Tengah saat libur lebaran Idul Fitri 2024 nanti. Hal itu lantaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang akan menggelar acara pesta besar yakni Festival Kupat Pemalangan, pada tanggal 20 April 2024 nanti.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang, Dian Ika Siswanti, melalui Sekretaris Disparpora Kabupaten Pemalang, Sobirin, mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 30 ribu ketupat yang akan dibagikan secara gratis di acara Festival Kupat Pemalangan. Ketupat itu, rencananya akan di arak dari Kantor Disparpora hingga Sirkuit Widuri.

“Festival ini rencananya nanti di buka oleh Pak Bupati dan di ikuti oleh seluruh OPD. Tajuknya adalah lebaran berbagi sehingga nanti kupat dan lauknya dibagikan gratis,” ucap Sobirin, saat di temui diruang kerjanya, Senin (1/4/2024).

Tak hanya itu, sebelum Festival Kupat Pemalangan, pihaknya juga akan menyelenggarakan acara Gebyar Lebaran yang di hibur oleh artis artis lokal pada tanggal 10 hingga 15 April 2024.

Sobirin menyebut hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya respon atas masyarakat kepada pemerintah yang menginginkan atau kangen Objek Wisata Pantai Widuri ramai seperti dulu.

Disparpora Pemalang sedang proses pembenahan dan berupaya mengaktifkan kembali wahana yang ada di Objek Wisata Pantai Widuri.

“Kami berusaha berupaya membersihkan wahana – wahana, kalau bisa di optimalkan kami akan mencoba aktifkan kembali kolam renang yang ada, tapi kalau tidak cukup waktu maka minimal Widuri akan bersih, nyaman kemudian sedap untuk di pandang,” kata Sobirin.

“Walaupun mungkin terpaksa kolam renang tidak nyampai target, maka di dalam sebenarnya banyak spot selfi yang indah seperti miniatur kereta kencana, kemudian patung zeus, patung komodo dan lainnya,” imbuhnya.

Sobirin juga mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menawarkan ke pihak penyedia jasa untuk wahana mainan anak – anak seperti Sepeda Listrik, Istana Balon, Mainan Air, atau komedi putar selain pemandangan pantai dan wahana Dermaga Cinta yang sudah ada.

“Widuri merupakan icon Pemalang. Dari dulu itu Widuri selalu dikunjungi penuh orang. Insya Allah tahun ini kami akan optimal berusaha sekuat tenaga membuat masyarakat itu betul – betul kangen dengan Widuri. Kami berharap setelah kangen dengan Widuri itu akan kembali lagi karena Insya Allah mulai dari kebersihan, keindahan, dan nanti spot foto nanti akan kami siapkan,” ujarnya.

Sobirin memastikan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran pihak terkait dan memasang rambu rambu di sekitaran wisata.

Ditanya terkait harga tiket masuk wisata Objek Wisata Pantai Widuri saat libur lebaran, Sobirin mengatakan sesuai perda yakni sebesar Rp.12.500 dan itu sudah termasuk asuransi.