TNI  

Sejak Diresmikan Desember Tahun Lalu, Yonif 147/KGJ Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Perdana

Dibaca : 2589

BINEWS II BANGKA TENGAH – Batalyon Infanteri (Yonif ) 147 Ksatria Garuda Jaya (KGJ) menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani periodik I untuk Tahun Anggaran 2023 di Makoyonif 147/KGJ.

Kegiatan tersebut merupakan program yang harus dilaksanakan semua prajurit Yonif 147/KGJ sebagai tolak ukur kesiapan fisik prajurit dalam rangka menjalankan tugas pokok kedepannya. rabu (10/05).

Tes Kesamaptaan Jasmani ini merupakan pelaksanaan tes yang Perdana satuan Yonif 147/KGJ sejak didirikan pada 5 bulan yang lalu.

Adapun untuk pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani tersebut meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 Menit, dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan pull up, sit up, push up, durasi waktu 1 menit, serta shuttle run. Selain itu, juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum pelaksanaan tes itu dilakukan, bagi seluruh peserta harus melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh para tim kesehatan, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk dapat memastikan bahwa para peserta siap melakukan tes kesamaptaan serta untuk menghindari terjadinya insiden pada saat pelaksanaan

Pelaksanaan tes kesamapataan jasmani tersebut diawasi langsung oleh tim jasmani Korem 045/Gaya yang dipimpin oleh Lettu Arm B. Simorangkir, selaku Kajasrem 045/Garuda Jaya (Gaya).

Dirinya menekankan kepada para peserta agar untuk melaksanakan kegiatan dengan maksimal namun harus tetap memperhatikan faktor keamanan.

Danyonif 147/KGJ menyampaikan, dirinya merasa bangga kepada seluruh para prajuritnya yang telah melaksanakan tes kesamaptaan jasmani dengan maksimal.

“Hal ini merupakan suatu hasil dari kegiatan pembinaan yang telah kita latihkan selama ini,” jelas Danyonif.

Ia juga menyampaikan, meskipun merupakan satuan baru di jajaran TNI AD, Yonif 147/KGJ harus tetap maksimal dalam melaksanakan setiap kegiatan.

“Hasil tes kesamaptaan jasmani ini menjadi tolak ukur pembinaan yang telah kita dilaksanakan, serta sebagai evaluasi dalam program pembinaan fisik prajurit Yonif 147/KGJ agar kedepan nantinya kita semakin meningkat dan siap untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan,” pungkasnya. (rilis)