Menkes Lantik Kadinkes Kabupaten Bangka, Sebagai Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat

Dibaca : 1320

BINEWS II Jakarta – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Ir Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, telah melantik Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, sebagai Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat.

Dalam pelantikan tersebut juga terdapat 5 orang pejabat pimpinan tinggi pratama dan 2 orang direksi rumah sakit yang ada dilingkungan Kementerian Kesehatan.

Pelantikan berlangsung secara luring dan daring pada Jum’at (3/11) di Auditorium dr. Herman Susilo, MPH Lantai 4 Gedung dr. Suwardjono Surjaningrat, Sp.OG, DR (HC) gedung Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Di hadapan para pejabat baru itu, Menkes menekankan pentingnya transformasi internal guna memastikan reformasi di sektor kesehatan yang saat ini sedang dibangun untuk bisa membawa Indonesia menjadi negara maju, seperti visi Presiden Joko Widodo.
“Sektor kesehatan, pendidikan,dan sosial adalah tiga kementerian besar yang juga sangat berperan dalam mensukseskan visi misinya beliau” ucap Menkes Budi.

Apalagi saat ini Kementerian Kesehatan tengah berupaya untuk mensukseskan enam pilar transformasi kesehatan. Untuk mengawalnya dibutuhkan pemimpin organisasi yang memiliki kualitas dan integritas yang baik.

“Orang yang memiliki suatu kualitas yang terbaik dari sisi integritasnya harus ada keinginan untuk memberikan manfaat yang terbesar buat masyarakat di atas kepentingan pribadinya,” kata Menkes Budi.

“Saya berharap teman-teman bisa untuk mentransformasi organisasinya. Harus bisa memilih orang yang tepat agar dapat ditempatkan di tempat yang tepat dan menciptakan suasana organisasi yang bagus, tambahnya.

Salah satu dari rumah sakit yang dinilai Menkes sukses melaksanakan reformasi adalah RSUD dr. Iskak Tulungagung yang ada di Jawa Timur yang dipimpin oleh dr. Supriyanto, Sp.B, FINACS, M.Kes. yang turut dilantik sebagai Dirut RSCM yang baru.

Menkes secara khusus memuji tata kelola dan inovasi pelayanan kesehatan yang diterapkannya di rumah sakit yang dinilai mampu memberikan pelayanan khusus kesehatan prima bagi masyarakat berada di Tulungagung.

Manajemen yang baik di RSUD dr. Isak Tulungagung diharapkan bisa direplikasi di rumah sakit Kemenkes, dan menjadi program nasional

Berikut daftar nama-nama pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Direksi Rumah Sakit

1.Then Suyanti sebagai Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat.

2. Hendrastuti Pertiwi sebagai Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia.

3. Muhammad Adiwibowo Soedarmo sebagai Kepala Biro Umum;

4. Elvieda Sariwati sebagai Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat;

5. Akhmad Saiku sebagai Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit Salatiga;

6. Supriyanto sebagai Direktur Utama RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta

7. Sumariono sebagai Direktur Layanan Operasional RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. (Kemenkes)