Bupati Bangka Serahkan Kunci Rumah, Pasca Terjadinya Kebakaran Menimpa Ibu Khomisah

Dibaca : 1333

BINEWS II Kabupaten Bangka – Pemkab Bangka secara simbolis menyerahkan Kunci Rumah yang diterima langsung oleh Ibu Khomisah pasca terjadinya kebakaran dan bantuan paket sembako kepada para warga masyarakat yang membutuhkan di Dusun Sinar Panca, Desa Penyamun di Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

Ibu Khomisah yang merupakan korban atas kebakaran rumahnya yang terjadi pada beberapa waktu lalu, merasa sangat senang telah mendapatkan bantuan dari Pemkab Bangka bersama Baznas Bangka berupa telah dibangunnya kembali rumah kediamannya itu pasca dari kebakaran tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangka, M. Ridwan saat menyampaikan sambutan menjelaskan, tidak ada satupun dari warga masyarakat yang menginginkan terjadinya musibah. Termasuk musibah kebakaran yang telah dialami oleh Ibu Khomisah yang berada di Dusun Sinar Panca, Desa Penyamun ini. Maka dari itulah, hari ini Pemkab Bangka melalui tangan dinginnya Bupati Bangka, selalu sedia membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka dalam hal ini mereka yang telah mengalami musibah bencana, baik bencana alam maupun juga bencana kebakaran.

“Kemarin pada tanggal 14 agustus 2023, bapak Bupati Bangka sudah menyerahkan kunci rumah kepada seorang warga yang telah mengalami kebakaran yang berada di desa Sempan. Adapun di Kabupaten Bangka ini ada sekitar 62 kejadian, dan alhamdulilah telah dapat merealisasikan bantuan dari Pemkab Bangka ini melalui kami dari BPBD sebanyak 17 rumah telah di bantu kepada warga dan untuk hari ini yang terakhir,” terang Ridwan.

Ditambahkannya, diharapkannya dengan adanya bantuan dari Pemkab Bangka ini dapat meringankan beban masyarakat khususnya mereka yang telah mengalami bencana dan musibah kebakaran. Maka dari itu, diharapkan juga kepada warga masyarakat untuk bersama-sama dapat menjaga lingkungan dan meminimalisir terjadinya bencana alam serta kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bangka untuk kedepannya. Apalagi saat sekarang cuaca tengah musin kemarau, perlu antisipasi dan kewaspadaan dini agar tidak ada lagi terjadinya musibah kebakaran di daerah masing-masing.

Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH, menyampaikan bahwa pada hari ini pihak Pemkab Bangka akan menyerahkan bantuan berupa kunci rumah kepada Ibu Khomisah selaku korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu yang lalu, maupun pada hari juga akan di serahkan secara simbolis bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan yang ada di Dusun Sinar Panca, Desa Penyamun, sebentar lagi akan dilaksanakan.

“Kita pada kesempatan ini, akan segera menyerahkan bantuan berupa rumah yang telah dibangun kembali kepada warga di dusun Sinar Panca ini yaitu ibu Khomisah yang terjadi beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan ini juga kami akan segera membagikan bantuan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan berupa paket sembako yang sebentar lagi akan kita bagikan,” ucap Mulkan.

Sementara itu, Kades Penyamun Rochani mengatakan dirinya sebagai Kepala Desa sangat berterima kasih kepada Pemkab Bangka melalui Bupati Bangka yang telah memberikan bantuan telah dibangunnya kembali rumah kediaman warganya yang ada di Dusun Sinar Panca yang beberapa waktu lalu telah mengalami kebakaran.

“Alhamdulilah, terima kasih banyak atas bantuan dan kesediaan bapak Bupati kita untuk menyerahkan bantuan ini secara langsung kepada warga kami beberapa waktu lalu mengalami kebakaran yaitu ibu Khomisah. Dan terima kasih atas adanya bantuan paket sembako ini kepada warga kami yang membutuhkan. Juga kepada pihak BPBD dan juga Tagana yang telah banyak membantu kami untuk kembali membangun rumah ibu Khomisah serta pihak Baznas Kabupaten Bangka,” kata Rochani.

Ditambahkan Rochani, Desa Penyamun siap membantu dan juga memfasilitasi Ibu Khomisah untuk mengurus kembali Dokumen data kependudukan yang telah ikut terbakar beberapa waktu lalu, serta pihak Desa juga siap untuk memberikan pendampingan untuk mengurus Dokumen tersebut kepada pihak-pihak lainnya.

“Saya selaku kades, siap membantu dan memfasilitasi ibu Khomisah dan keluarga untuk mengurus kembali dokumen data kependudukan yang telah terbakar, serta kami juga siap untuk mendampingi ibu Khomisah untuk mengurus dokumen data tersebut kepada pihak lainnya, dalam hal ini BPN maupun juga catatan sipil (Capil),” pungkasnya. (Amin)