HNSI Bangka Berkolaborasi Bersama PT Timah Tbk, Dalam Gerakan Penanaman Mangrove Pesisir Pantai

Dibaca : 1274

BINEWS II KABUPATEN BANGKA – HNSI Kabupaten Bangka bersama PT Timah Tbk melalui programnya Corporate Social Responsibility (CSR) melakukan Gerakan Menanam Pohon Mangrove dalam rangka Keberlangsungan Ekosistem yang ada di Pesisir Pantai kawasan Nelayan II yang berada di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jum’at (1/9).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bangka yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bangka untuk bidang pembangunan manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra, GM CSR diwakili oleh Rudi Nursalam, Danpos AL Sungailiat Peltu Darsidi, Perwakilan Polres Bangka, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ismir Rahmadinianto, DPD HNSI Provinsi Babel, Himma Olivia, Danki Senapan B Yonif 147 KGJ Sungailiat, Lettu Sandra Kirana, Ketua SNNU, Lukman, Ketua DPC HNSI, Lukman, Kepala Pelaksana BPBD Bangka, Ridwan, Kaling Nelayan II, Syarifuddin, dan Laskar Pesisir serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPC HNSI Kabupaten Bangka, Lukman mengatakan bahwa pada hari ini DPC HNSI Kabupaten Bangka bersama elemen masyarakat dari SNNU dan Laskar Pesiar bersama dengan PT Timah Tbk melaksanakan penanaman pohon Mangrove yang berada di kawasan nelayan II Sungailiat ini dilaksanakan demi Keberlangsungan Ekosistem yang berada di Pesisir Pantai.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk perhatian kami, sebagaimana kita ketahui bersama di pesisir itu juga ada kegiatan penambangan yang dilaksanakan oleh PT timah, perlu untuk kita dapat melestarikan lingkungan. Hari ini kita menambang dan hari ini juga kita harus segera membenahi dan menjaga ekosistemnya,” kata Lukman.

Dikatakannya, untuk kegiatan penanaman pohon Mangrove pada hari ini, HNSI tidak sendirian. Melainkan ada juga dari SNNU dan Laskar Pesisir serta KNPIS yang akan bersama-sama untuk melakukan kegiatan penanaman Mangrove di pesisir pantai.

“Silahkan masyarakat untuk melakukan kegiatan penambangan, tetapi habitat dan ekosistem lingkungan harus dapat kita perhatikan dan jangan di tinggalkan,” ucapnya.

Sementara itu, DPD HNSI Provinsi Babel, Himma Olivia menuturkan, untuk kegiatan seperti ini sudah kesekian kalinya yang dilakukan oleh PT Timah Tbk. Apalagi hari ini hadir bukan hanya HNSI yang hadir akan tetapi beberapa elemen organisasi lainnya. Dan ini diharapkan tidak menjadi kegiatan seremonial saja, setelah ditanam tolong dirawat.

“Kami harapkan kegiatan ini jangan hanya dijadikan seremonial saja, setelah pohon mangrove itu kita tanam, tetapi juga harus kita jaga dan rawat. Jangan hanya untuk kegiatan ini dijadikan simbolis saja, akan tetapi kedepannya harus ada yang jaga dan memperhatikannya,” terang Ahim.

Mewakili General manager CSR PT Timah Tbk, Rudi Nursalam menjelaskan bahwa Gerakan Penanaman Mangrove ini sangat bagus dan sangat bermanfaat khususnya untuk Keberlangsungan Ekosistem yang ada di Pesisir Pantai yang ada dikawasan Kampung Nelayan II ini. Kegiatan hari ini merupakan bentuk sinergitas antara HNSI bersama beberapa elemen organisasi tadi yang disebutkan oleh Ketua HNSI dengan PT Timah Tbk melalui program CSR.

“Kami sebagai perusahaan penambangan bahwa kami juga tidak akan lepas dari tanggung jawab sosial kami maupun juga tanggung jawab lingkungan. Semuanya ini harus ada dukungan dan fake back dari nelayan juga, sehingga kami juga butuh nelayan dan nelayan butuh kami sebagai produsen timah. Itulah yang menjadi hal mendasar dari hubungan silaturahmi kita pada kesempatan ini. Kami juga sangat mendukung dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini,” terang Rudi.

Mewakili Bupati Bangka, Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra menuturkan Pemkab Bangka dalam kesempatan ini sangat mendukung apa yang dilakukan oleh HNSI bersama beberapa elemen yang disebutkan tadi bersama PT Timah Tbk melaksanakan kegiatan penanaman pohon Mangrove di Pesisir Pantai pada hari ini.

“Kami sangat menyambut baik, apa yang dilakukan oleh kawan-kawan dari HNSI dan ke empat elemen yang disebutkan oleh ketua HNSI Kabupaten Bangka. Kami dari Pemkab Bangka mendukung upaya khususnya dalam gerakan penanaman pohon mangrove yang digagas oleh HNSI bersama PT timah yang sebentar lagi kita laksanakan,” pungkasnya. (Amin)