Ekobis  

Mewakili Kecamatan Pemali Desa Penyamun, Ikuti Lomba Desa Inovatif Tingkat Kabupaten

Dibaca : 1563

BINEWS II KABUPATEN BANGKA – Desa Penyamun menjadi satu satunya desa yang mewakili Kecamatan Pemali mengikuti kegiatan ajang lomba desa Inovatif tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Bangka. Bagi para pemenang lomba akan dapat mengikuti kegiatan perlombaan di tingkat Provinsi.

Informasi tersebut, disampaikan oleh Kades Penyamun, Rochani kepada Berita Indonesia News, saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa Desa Penyamun menjadi satu-satunya wakil Kecamatan Pemali, terpilih menjadi peserta lomba Desa Inovatif untuk tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023.

“Alhamdulilah, pada kesempatan ini kami dari penyamun menjadi satu-satunya desa yang wakili Kecamatan Pemali mengikuti ajang lomba desa inovatif pada tingkat Kabupaten Bangka,” terang Rochani.

Dikatakannya, ada beberapa aspek dalam penilaian yang dilakukan oleh para tim penilai kemarin yang diantaranya terkait peraturan desa, RPJMD, RKPD, berapa jumlah peraturan desa dan aturan desa yang dikeluarkan pada waktu 2 tahun terakhir ini. Administrasi desa selama 2 tahun terakhir dan administrasi PKK.

Kemudian, pada kegiatan administrasi BPD serta administrasi umum, dan bidang pemerintahan. Keberadaan dan serta perkembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) serta kegiatan dan even-even yang dilaksanakan oleh Desa Penyamun baik skala Kecamatan, Kabupaten, hingga tingkat Provinsi.

“Penilaian juga berdasarkan pada keikutsertaan kami selaku desa pada kegiatan atau even yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah maupun kami selaku penyelenggara atau tuan rumah kegiatan. Seperti halnya pada kegiatan pemberdayaan perempuan, dan pelatihan-pelatihan serta diklat. Juga program ketahanan pangan desa dan even-even kegiatan yang kami laksanakan seperti pada saat kedatangan ibu menteri Negara pemberdayaan perempuan dan anak, pada tahun 2021 yang lalu kita sebagai tuan rumahnya,” jelasnya.

Dijelaskannya, penilaian termasuk juga pada pelatihan, dan juga pembinaan serta pemberdayaan produk UMKM yang ada saat ini di Desa Penyamun. Serta program ketahanan pangan Desa seperti, kegiatan penggemukan Sapi dan pelayanan kesehatan melalui kegiatan Posyandu kepada masyarakat.

“Kita selalu berharap agar desa kita, dapat mewakili Kecamatan Pemali menjadi juara dalam lomba desa inovatif tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023. Kami sadar bahwa persiapan kami sendiri pada awalnya mengikuti kegiatan ini waktunya sangat sempit dan kurang persiapan. Terapi kita tetap optimis,” pungkasnya. ( Amin)