News  

Gara-Gara PHK Sepihak Ormas LMP Gruduk PT. Suggo Metal Cemerlang

Dibaca : 2181

BINEWS BANTEN || KAB. SERANG– Ratusan massa dari Ormas Laskar Merah Putih (LMP), melakukan Aksi demo di depan PT.Suggo Metal Cemerlang yang berada di Jl Raya Cikande Rangkas Bitung, Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Kamis (04/08/ 2022).

 


Aksi demo ini dilakukan karena pihak perusahaan PT. Suggo metal Cemerlang telah melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sepihak kepada sdr Holil berserta 6 orang temanya.

 

Ali Sumarna, Ketua Markas Cabang (Macab) LMP Kabupaten Serang sebagai Kordinator Aksi demo, dalam orasinya meminta agar bisa menyelesaikan keluhan karyawan yang sudah kena PHK, salah satunya adalah, memberikan pesangon sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan, dan memberikan seluruh hak-hak mereka sesuai dengan tunjangan masa kerja (TMK), ujarnya.

 

Lanjut Sumarna, sudah dijelaskan dalam Peraturan pemerintah (PP) Tentang Ketenagakerjaan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. UU Nomor 13 tahun 2003 Pasal 104 , terkait serikat pekerja dan UU Nomor 21 tahun 2000 mengenai serikat pekerja dalam undang – Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003. UU Nomor 03 tahun 1992 , UU Nomor 01 tahun 1970, Ketetapan Presiden Nomor 22 tahun 2993 , Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 1993 dan Peraturan Mentri Nomor 4 tahun 1993 dan Nomor 1 tahun 2998 . Permen Nomor 1 tahun 1999 Pasal 1 Ayat 1 , UU Nomor 13 tahun 2003 , PP tahun 1981 , Peraturan Mentri Nomor 01 tahun 1999 dan paling baru adalah Permenaker Nomor 1 tahun 2017 ndang – Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 dan juga Undang – Undang Nomor 21 tahun 2000 mengatakan, Karyawan yang telah tergabung dalam serikat pekerja memiliki hak untuk menjamin Hak pekerja/buruh berorganisasi dan hak serikat pekerja/buruh melaksanakan kegiatannya yang diawasi, pegawai pengawasan ketenagakerjaan melakukan pengawasan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. Jelasnya.

 

” Kami dari Laskar Merah Putih kabupaten serang yang bergabung dengan Macab kota Serang, Maca Kota Cilegon dan Markas Daerah (Mada) Provinsi Banten, menolak adanya pemutusan kerja sepihak, Dan kami juga akan mengusut tuntas perlakuan perusahaan yang memperkejakan karyawan dengan upah rendah, karena tidak sesuai dengan UMK Kabupaten Serang”, katanya.

 

Kami dari Ormas Laskar Merah Putih meminta kepada PT. SMS agar memberikan seluruh hak-hak Karyawan sesuai Peraturan Ketenagakerjaan, tegasnya.

Dalam aksi demo tersebut, pihak perwakilan dari PT. Suggo, Hendri dan Anwar Sopran mengajak perwakilan dari Laskar Merah Putih untuk musyawarah terkait PHK sepihak di ruang pertemuan PT. Suggo.

 

Hasil pantuan BINEWS dalam pertemuan musyawarah tersebut yang dihadiri, Kamacab Kabupaten Serang, kota Serang, Kota Cilegon, Kastaf Mada Banten, Kepala Desa Cemplang, Polsek dan Koramil Jawilan.

 

Pertemuan yang alot, akhirnya pihak perusahan PT. Soggo berjanji kepada perwakilan LMP akan memperkejakan kembali sdr Holil berserta 6 orang rekannya untuk bisa bekerja kembali sebagai karyawan di perusahan tersebut.

 

Anwar Sopran, perwakilan dari PT. Soggo Metal Cemerlang (CMC) menemui para pendemo di depan pintu masuk PT SMC dan membacakan Hasil kesempatan musyawarah tersebut mengatakan, dalam tempo 1 minggu lamanya sudah ada kejelasannya dari pimpinan pusat kami, ujarnya.

 

Ali Sumarna, saat ditemui setelah mendengar janji dari pihak perusahan PT.Soggo mengatakan, kami senang mendengarnya, karena Kami berjuang demi masyarakat dan buruh, apa lagi sdr Holil adalah bagian dari anggota LMP juga, katanya.

 

” Tapi ingat ! Apa bila pihak PT Soggo ingkar janji, maka LMP akan menuntut Hak-Hak karyawan yang di PHK sesuai dengan UMK/ UMP sesuai tunjangan masa kerja (TMK), Jamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan dan Undang-Undang yang berlaku”, Tegasnya.

(P. Nainggolan)

Cloud Hosting Indonesia