News  

Al Washliyah Pangkalan Dodek Pernah Mencapai Masa Keemasan

Dibaca : 4650

BINEWS II SUMUT, KAB BATU BARA

Sejarah mencatat bahwa Perguruan Al Washliyah Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara pernah mencapai masa keemasan dan sudah melahirkan intelektual Muslim yang berpengaruh di Sumatera Utara. Karena itu Ketua PD Al Washliyah Kabupaten Batu Bara Ustadz Al Asari menginginkan kembalinya masa keemasan tersebut.

Keinginan tersebut diungkapkan Ustadz Al Asari saat menghadiri pelepasan siswa yang telah menyelesaikan pendidikan semua tingkatan di Perguruan Al Washliyah Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras, Kamis (19/05/2022).

Perguruan Al Washliyah Pangkalan Dodek mengasuh Madrasah Ibtidaiyah Diniyah (MDA), Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MAS).

“Perguruan Al Washliyah Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras merupakan madrasah pertama yang ada di wilayah Pangkalan Dodek diawali dari Madrasah Ibtidaiyah Diniyah kurikulum Diniyyah dan Madrasah Tsanawiyah Diniyah sebelum adanya program SKB. Al Washliyah Pangkalan Dodek pernah menjadi mercusuar peradaban ilmu di Batu Bara melahirkan para Ulama yang mumpuni di bidangnya dan sampai saat inipun perguruan Al Washliyah Pangkalan Dodek sudah melahirkan intelektual muslim yang berpengaruh di Sumatera Utara”, ungkapnya mengenang masa keemasan perguruan tersebut.

Untuk itu, Al Asari mengajak seluruh pengurus, pengelola  dan tenaga kependidikan agar berikhtiar menghadirkan kembali masa keemasan tersebut.

“Kami meyakini bahwa Madrasah Al Washliyah Pangkalan Dodek kecamatan Medang Deras akan mampu untuk itu”, pungkas Al Asari.

Pada kesempatan tersebut dilepas siswa-siswi madrasah seluruh tingkatan dengan jumlah lebih dari 100 orang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PD Al Washliyah Batu Bara Al Asari, S.Ag beserta jajarannya, Ketua PC Al Washliyah Medang Deras Abdul Khoir, S.Pdi., Ruslan Harahap, SH mewakili Camat Medang Deras, Reza Akmal Lurah Pangkalan Dodek, tokoh masyarakat dan tokoh Agama, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. (Supriadi)