Polisi  

Sebanyak 19 Polsek Dijajaran Poldasu Tidak Lagi Laksanakan Penyelidikan

Dibaca : 173

BINEWS II Sumut, Medan — Sebanyak 19 Polsek dijajaran Polda Sumatra Utara tidak lagi melaksanakan penyelidikan

Sesuai pemberitaan akses.co, Rabu, (31/03/2021). Ke-19 polsek ini nantinya yang hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu dan Tidak Melakukan Penyidikan.

Dalam Keputusan Kapolri tersebut, total ada 1.062 Polsek di Indonesia yang tidak bisa lagi melakukan penyidikan. Keputusan ini adalah tindak lanjut program prioritas Jenderal Sigit yang disampaikan pada commander wish.

Keputusan ini dibuat setelah memperhatikan usulan dari polda-polda perihal penunjukan polsek yang hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta tidak melakukan penyidikan. Ini juga merupakan program prioritas Kapolda pada bidang transformasi serta kegiatan penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.

“Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya mempedomani Surat Kapolri Nomor B/1092/II/REN.1.3/2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan polsek tertentu,” tulis Sigit dalam surat keputusannya tersebut.

Keputusan ini diteken Jenderal Sigit pada 23 Maret 2021. Keputusan ini juga diikuti lampiran berupa daftar nama 1.062 polsek yang tidak melakukan penyidikan.

Ada sejumlah kriteria atau alasan sebuah polsek tidak melakukan penyidikan. Ada yang karena jarak tempuhnya dekat dengan polres, ada pula yang karena hanya menerima sedikit laporan polisi dalam setahun.

Berikut Polsek sejajaran Polda Sumut yang tak bisa lagi melakukan penyidikanini sesuai Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

DELI SERDANG
1. Polsek Gunung Meria
2. Polsek Tiga Juhar

HUMBAHAS
3. Polsek Lintong Nuhuta
4. Polsek Onan Ganjang
5. Polsek Pollung

SIMALUNGUN
6. Polsek Dolok Silau
7. Polsek Tiga Balata
8. Polsek Dolok Pardamean
9. Polsek Purba

TAPANULI UTARA
10. Polsek Pahae Julu

MANDAILING NATAL
11. Polsek Panyabungan Selatan
12. Polsek Muara Sipongi
13. Polsek Batang Natal

PAKPAK BHARAT
14. Polsek Salak
15. Polsek Batunadua

SAMOSIR
16. Polsek Pailipi

PADANG LAWAS
17. Polsek Sosopan

NIAS
18. Polsek Lolofitu Moi

NIAS SELATAN
19. Polsek Teluk Dalam. (red)