DLHKP Batu Bara, Laksanakan Pembersihan Sampah Di Jembatan Sei Tanjung Indrapura

Dibaca : 170

BINEWS II Sumut, Kab Batu Bara — Jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Batu Bara, untuk kali ini melaksanakan kegiatan rutin diantaranya membersihkan sampah yang mengotori Jembatan Sei Tanjung Indrapura, Rabu,(10/03/2021)

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kadis DLHKP Azhar yang didampingi beberapa Kabid serta staf

 

Dalam keterangannya Azhar menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bagi DLHKP untuk menghindari terjadinya banjir yang kerap sekali melanda beberapa desa di Kabupaten Batu Bara ketika musim hujan tiba.

 

“Kita bersihkan sungai persis di kolong jembatan Sei Tanjung Indrapura ini katena banyak ditemui berupa pohon kayu dan lain-lain, sampah ini adalah kiriman dari atas, ini merupakan kegiatan Rutin Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Batu Bara, sehingga kedepannya sampah yang ada sungai-sungai yang muara dari Perbatasan Simalungun dengan Batu Bara tidak menjadi sumber masalah lagi bagi kita yang bisa menyebabkan banjir” ungkap Azhar

“Selanjutnya harapan kita, kepada masyarakat agar dapat menjaga sungai demi kelestariannya yang akan kita lestarikan ke anak cucu kita, jangan jadikan sungai tempat membuat sampah dan lainnya sehingga terjadi pendangkalan” tutur Azhar

 

Lebih lanjut diterangkan Azhar “Sebenarnya sampah-sampah ini lebih dominan berasal dari Simalungun. Hulunya persis di kawasan Kecamatan Sidamanik. di hulunya itu, Bahbolon tidak dalam. Sumber airnya dari berbagai mata air di sekitar batu-batuan, padas dan koral. Dari hulunya, Bahbolon melintasi kawasan Kota Pematang Siantar, awal ditemukan dari jurusan Perapat. Kemudian terus ke hilir melintasi berbagai desa dan pada beberapa keamatan, seperti Hatonduan Tanah Jawa, Bah Jambi, Dolok Sinumbah dan sampai Perdagangan Kecamatan Bandar.

Beberapa kilometrer (Km) dari Perdagangam , Bahbolon dan sampailah je Batu Bara” jelasnya

 

Kegiatan pembersihan tersebut juga tidak luput dari pantauan rekan wartawan dari berbagai media (Supriadi)