Kekosongan Jabatan Kadis PMD Karawang, Pengamat Minta Bupati Segera Tunjuk Plt.

Dibaca : 168

BINews || Jabar – Karawang,- Dalam waktu dekat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebanyak 177 Desa di seluruh Kabupaten Karawang yang akan dilaksanakan tepatnya pada tanggal 21 Maret 2021.

 

Kabar duka dalam waktu yang begitu dekat dimasa tahapan Pilkades, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) meninggal dunia, sehingga posisi jabatan sebagai ujung tombak pimpinan yang sedang mengurus Pilkades menjadi kosong.

 

“Dikarenakan Kadis DPMD meninggal dunia bearti posisi pimpinan DPMD kosong. Dalam hal situsai yang sangat mendesak dimasa Pilkades posisi Kepala DPMD Karawang harus ada yang mengisi posisi tersebut walau hanya sebagai pelaksana tugas (Plt).” ucap Andri kepada awak media, Selasa 26 Januari 2021.

 

“Dalam waktu dekat Bupati harus secepatnya menunjuk salah seorang pejabat eselon II untuk mengisi jabatan Kadis DPMD sebagai Plt, baik dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk mengisi posisi jabatan tersebut, maupun dari Asisten Daerah (Asda) dan bisa juga dari pejabat yang ada di DPMD itu sendiri, yaitu Sekretaris Dinas (Sekdis),” terangnya.

 

“Dan sebagai saran saja, saya menyarankan untuk mengisi posisi jabatan Kadis PMD harus lebih berkompeten dan berpengalaman dalam bidang Pemerintaha. Selain itu juga, harus memiliki mental yang kuat agar Plt Kadis siap untuk menghadapi segala kemungkinan disaat tahapan Pilkades, hari pemungutan suara sampai pasca. Karena biasanya suhu politik Pilkades berbeda dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres),” jelas Andri.

 

Disaat awak media menanyakan tentang siapa yang cocok mengisi jabatan Kadis PMD yang sedang kosong. Andri menjawab dengan santai menyebutkan, “Kabarnya berdasarkan informasi, sudah ada dua nama yang muncul untuk menjadi Plt Kadis PMD. Tapi saya belum mengetahui siapa kedua orang yang dimaksud untuk mengisi posisi itu? Kalau menurut saya untuk posisi Kadis, harus dari unsur eselon II dan memiliki kompetensi ilmu Pemerintahan,”

 

“Kalau personalnya sih banyak juga, pejabat eselon II yang memiliki bassic pendidikan ilmu Pemerintahan, khususnya alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). Bahkan yang pernah berpengalaman memimpim DPMD Karawang, ada Akhmad Khidayat yang sekarang menjabat sebagai Asisten Daerah (Asda I), kemudian juga ada Ade Sudiana yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) Karawang,” ungkap Andri.

“Tapi ya tidak harus yang pernah menjabat di DPMD saja, alumni STPDN lainnya juga banyak. Wawan Setiawan yang sedang menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang pun menurut saya bisa jadi nominasi. Karena secara tipologi, memiliki karakteristik sebagai petarung. Ya itu tadi, untuk jadi Plt Kadis PMD harus bermental baja,” tandasnya.

 

“Namun, siapa pun yang dikehendaki oleh Bupati untuk jadi Plt Kadis PMD, itu hak prerogatif beliau sebagai pimpinan. Terpenting saat ini, harus segera diisi kekosongan tersebut. Jangan sampai terlalu lama dibiarkan kosong, meski pun Plt, tapi kewenangannya sama dengan definitif,” pungkasnya. (Riandi & Rekan)