Satgas Citarum Harum Sektor 20 Sub 02 Cikarang Pusat Kembali Bersihan Anak Kali Cibeet 

Dibaca : 181

BINews || Jawa Barat, Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat – Sektor 20 Citarum Harum Subsektor 02 Cikarang Pusat kembali melakukan pembersihan anak kali cibeet dalam upaya menjaga ekosistem Anak sugai Citarum, Minggu (17/01/2021).

Kegiatan yang di lakukan di lokasi Kp. Paparean Dusun I. RT 05 / 03 Desa Pasirtanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dalam rangka kegiatan Satgas Citarum Harum Sektor 20 Subsektor 02 Cikarang Pusat dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan ekosistem kali cibeet.

Selain pembersihan rumput, dalam kegiatan juga di lakukan penebangan pohon liar, pembongkaran dan pembuangan Jamban, serta pelebaran dan pengangkatan Lumpur di aliran anak sungai Cibeet saluran Irigasi, yang memang sudah dangkal dan perlu di revitalisasi agar ekosistem sungai bisa berfungsi kembali dan terjaga kebersihannya.

Pelda Bustomi, Dansubsektor 02 Cikarang Pusat, di sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini terus kita lakukan dalam upaya menjaga kebersihan dan meningkatkan ekosistem anak sungai citarum.

 

“Anak kali cibeet, selain sudah dangkal dan menyempit, kebersihannya juga harus kita jaga bersama – sama, agar fungsi sungai bisa lebih maksimal, terutama untuk kebutuhan sektor pertanian, agar bisa menjadi sumber air untuk lahan persawahan, sehingga petani bisa lebih mudah dan cukup dalam memenuhi kebutuhan air ketika musim tanam, ketahanan pangan dapat terus terjaga” Terang Bustomi

Selain itu, satgas juga, di sela kegiatan, terus melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarkat dalam sosialisasi program citarum harum dan memberikan pemaparan, tentang manfaat sungai yang bersih untuk kebutuhan sumberdaya air, untuk kebutuhan untuk MCK maupun untuk sektor pertanian, Pungkas Bustomi.

Kegiatan pun berjalan dengan lancar aman dan tertib, dengan penuh semangat kebersamaan gotong royong dalam menjaga kebersihan dan ekosistem kali cibeet anak sungai citarum.

 

(Juheri/Jpch)