Launching Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta, 24 Pejabat dan Tomas Siap Divaksin

Dibaca : 169

BINews || Yogyakarta, – Kepala Staf Kodim 0734/Kota Yogyakata Letkol Arh Tjatur Supriyono, S.Si., M.Sc, menghadiri Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19 Kota Yogyakarta yang dilaksanakan di Aula RS Pratama Kota Yogyakarta, Jalan Kolonel Sugiyono No. 98, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jumat(15/01/2021).

 

Hadir dalam acara tersebut Drs. H. Haryadi Suyuti (Walikota Yogyakarta), Drs. Heroe Poerwadi, M.A, (Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Yogyakarta/Wawali Kota Yogyakarta), Ir. Aman Yuriadijaya, M.M (Sekda Kota Yogyakarta), Letkol. Arh. Tjatur Supriyono, S.Si, M.Sc (Kasdim 0734 /Kota Yogyakarta), Kombes. Pol. Purwadi WA, S. I.K., M.H (Kapolresta Yogyakarta), Frida Ariyani, S.H., M.Hum (Ketua Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta), HM. Fursan, S.E (Wakil Ketua I DPRD Kota Yogyakarta), Dr. H. Bambang Supriastoto, S.H., M.H (Ketua Pengadilan Agama Kota Yogyakarta), Drs. H. Nur Abadi, M.A (Kepala Kemenag Kota Yogyakarta), drg. Emma Rahmi Aryani, M.M (Kepala Dinkes Kota Yogyakarta).

Kepala Dinkes Kota Yogyakarta dalam sambutanya menyampaikan ini merupakan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk tokoh penerima Vaksinasi perdana di kota Jogjakarta. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mengurangi Transmisi atau penularan Covid-19 menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19 mencapai kekebalan kelompok di masyarakat atau Immunity dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

 

Dalam sambutan Walikota Yogyakarta yang dibacakan Wawali Kota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, M.A yang juga sebagai Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Yogyakarta mengatakan ini merupakan Vaksin yang kita harapkan menjadi bagian dari upaya kita memutus rantai penyebaran virus serta upaya kita untuk melakukan penguatan dari seluruh masyarakat terutama untuk kesiapsiagaan bersama dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

 

Kita berharap apa yang sekarang ini kita akan lakukan nanti juga akan menjadi bagian dari seluruh gerakan kita di masyarakat untuk bisa bersama-sama agar seluruh masyarakat ikut serta dalam proses Vaksinasi ini terutama dalam rangka untuk menyiapkan kesiapan tubuh. Setiap warga agar mampu yang pertama dan harus kita sampaikan kepada masyarakat adalah bahwa Vaksinasi tidak mengurangi kesiapan kita untuk terus menerapkan 5M, dari kota Jogjakarta mendorong dengan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan yang terakhir membatasi mobilitas.

 

Vaksinasi Covid-19 sendiri akan dilaksanakan Januari sampai April 2021 dengan sasaran Vaksinasi Covid-19 Tenaga Kesehatan. Kemudian tahap yang kedua pada waktu pelaksanaan Januari sampai dengan April 2021 dengan sasaran petugas pelayanan publik, TNI/Kepolisian Republik Indonesia dan Petugas Bandara atau Pelabuhan. Kemudian untuk tahap ketiga pada waktu pelaksanaan adalah April 2021 sampai Maret 2022 sasaran Vaksin adalah masyarakat tentang dari aspek Geosparsial sosial dan ekonomi dan tahap keempat dengan waktu pelaksanaan April 2021 sampai Maret 2022 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan Vaksin

(Jh/Red)