Rakor Sektor 20 Citarum Harum, Sinergitas Bersama Unsur Pemerintah Kota dan Kabupaten Bekasi

Dibaca : 146

BINews || Jabar, Kota Bekasi, – Untuk meningkatkan Sinergitas dalam melaksanakan Program – Program Citarum Harum, Komandan Sektor 20 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Suyitno S. I. P., melakukan koordinasi dengan unsur pemerintah Kabupaten dan Kota Bekasi, Kamis (14/01/2021).

Rapat koordinasi yang di laksanakan di kantor PJT II Kota Bekasi, di jalan Ir. H. Juanda No 124-D Bekasi, Jawa Barat, untuk meningkatkan sinergitas Sektor 20 Citarum Harum bersama unsur pemerintah yang ada di Kabupaten dan Kota Bekasi, dalam segala pelaksanaan program – program citarum harum TA. 2021 dan rencana aksi sektor 20.

Dansektor 20 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Suyitno S. I. P., dalam kesempatannya memaparkan segala program citarum harum dan rencana aksi yang akan di lakukan di wilayah sektor 20.

 

“Panjang wilayah Sektor 20 kurang lebih 134 Km, yang meliputi sungai citarum. Dan diantaranya, Kali muara bungin, kali muara beting, Kali muara gembong. Sungai Cibeet di antaranya, kali cipamingkis, kali cihanjoang, kali cihoe. Dan kali ciherang, di antaranya, kali malang, kali cbl, kali cikarang hilir, dan kali Bekasi”, kata Dansektor

Sektor 20, lanjut Dansektor, bertanggung jawab di wilayah kabupaten bekasi, yang mana dengan bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah, dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa, serta dengan berbagai elemen masyarakat, dari ormas, organisasi pemuda , penggiat lingkungan, pengusaha, dan berbagai lainnya, Jelas Dansektor

Dansektor pun menambahkan, di sepanjang wilayah sektor 20 CH, banyak permasalahan yang menonjol yang harus menjadi prioritas dalam rencana aksi kedepan, seperti sampah limbah domestik, limbah industri, sampah eceng gondok, rumput dan pohon liar dan bangunan liar di sepanjang sungai dan irigasi, sehingga dapat merusak ekosistem sungai itu sendiri, tambahnya,

Dan untuk mengantisipasi itu, lanjut Dansektor, Sektor 20 sudah melakukan pembuatan bak sampah dan WC komunal swadaya, pengangkatan sampah dan eceng gondok di aliran sungai irigasi, dan pemantauan kualitas air dengan melakukan patroli dan pulket dengan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, dan Dansektor berharap dengan terjalinnya sinergitas bisa bersama – sama untuk saling mendukung dalam melaksanakan program citarum harum ini, Pungkas Dansektor.

Turut mendampingi Dansektor, Dan SSK Sektor 20 Kapten Cba Romlih beserta Personel Posko Sektor 20 Citarum Harum.

 

Nampak hadir dalam rapat koordinasi, Dansektor 20 CH Kolonel Inf. Suyitno, S.I.P., General Maneger PJT II Jhon Rico, Dandim 0509 Kab. Bekasi (terwakili) Mayor Czi Sali Danramil 10 Sukatani, Kapolres Kota Bekasi (terwakili) Kasat Sabhara AKBP Bintang. S, Kapolres Metro Bekasi (terwakili) Kompol Cecep. S, Kepala BPBD Kota Bekasi (terwakili) Kasi RR Suhada, Kepala BPBD Kab. Bekasi (terwakili) Staf RR Fajar S.R, Kadis DKP 3 Kota Bekasi A. Imam, Sekdis Distan Kab. Bekasi Nayu kulsum, Kasat Pol PP Kota Bekasi (terwakili) Kasi Tabun Roni, Kasat Pol PP Kab. Bekasi (terwakili) Staf Pol PP Dedi R, Kabid Tanaman Pangan Kab. Bekasi Eem Embang, Kadis SDA Kota Bekasi (terwakili) Ataf SDA Ayu Nurih, dan Kadis SDA Kota Bekasi (terwakili) Staf SDA Amir. H.

Rapat koordinasi pun berjalan lancar aman dan tertib, dengan penuh semangat kebersamaan dalam menciptakan sinergitas untuk menjaga kebersihan, ekosistem dan memelihara kelestarian alam sungai citarum dan anak serta cicitnya.

 

Dan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran covid-19.

 

(Juheri/Jpch)