News  

Rekruitmen Security Tertutup PT. Inalum Digeruduk 9 Kades

Dibaca : 192

BINEWS II Sumut, Kab Batu Bara – Sebanyak 9 orang kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara geruduk kantor PT Inalum Kuala Tanjung, di Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Senin, (21/12/2020).

 

Aksi mendadak yang di lakukan para kepala Desa tersebut di dampingi oleh Camat Sei Suka, Listen Samosir dan Sekretaris Kecamatan, Ngadirun.

 

Kedatangan Para Kepala Desa tersebut mempertanyakan terkait rekruitmen tenaga security yang di tempatkan untuk pengamanan perusahaan PT Inalum Kuala Tanjung, tidak ada pemberitahuan kepada pihak Kecamatan atau kantor desa yang berdampingan dengan PT Inalum.

 

Awalnya Humas PT Inalum keberatan kepada Kepala Desa Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Matsyah, yang membawa beberapa awak media, namun Matsyah tetap bersikukuh, “Media harus ikut masuk, untuk meliput, mengapa kalian tutupi,” tegas Matsyah saat di pintu lift.

 

Dalam pertemuan tersebut delegasi kepala desa dan Camat Sei Suka bersama beberapa wartawan akhirnya di terima di ruangan Humas PT Inalum Kuala Tanjung.

 

Dalam pertemuan tersebut Matsyah menyesalkan pihak yang merekrut tenaga security melalui PT Praja Buana Romero tidak ada pemberitahuan kepada kantor desa yang ada di Batu Bara, khususnya Kecamatan Sei Suka” ujarnya.

 

Lanjut Matsyah, kami tidak memaksakan warga desa kami yang harus di terima, setidaknya warga bisa ikut berkompetisi melalui prosedur yang ada, di terima atau tidak bukan masalah bagi kami” tegasnya

 

Camat Sei Suka, Listen Samosir mengharapkan kedepan, pihak humas PT Inalum memberi kabar kepada kecamatan, dan ada selebaran tentang rekruitmen tenaga kerja agar di ketahui publik, jadi kesannya tidak tertutup

 

Manager Security PT Inalum, Zainuddin Iqbal saat di wawancarai media hanya bilang, “no comment, ” ucapnya sambil melambaikan tangan acuh meninggalkan wartawan.

 

Junior Manager Security mengatakan, “PT Inalum telah menyerahkan kepada PT Praja Buana Romero melalui mekanisme lelang, dan PT Inalum tidak bisa mengintervensi sistem penerimaan, dan yang di terima adalah putra daerah Batu Bara” jelasnya.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kades Kuala Indah, Matsyah, Kades Simodong, Kades Tanjung Gading, Kades Sei Suka Deras, Lurah Perkebunan Sipare-Pare, Kades Brohol, Kades Simpang Kopi, Kades Pematang Kuing, dan perwakilan Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabuoaten Batu Bara, Sumatra Utara.

 

(Supriadi)