Bupati Batu Bara Akan Ganti Nama Kecamatan Nibung Hangus

Dibaca : 297

BINEWS II Sumut, Kab Batu Bara – Nama Kecamatan Nibung Hangus direncanakan Bupati Batu Bara akan diganti  menjadi Kecamatan Datuk Lima Laras serta merobah status Kelurahan Bagan Arya Kecamatan Tanjung Tiram menjadi desa mendapat tanggapan dari  tokoh masyarakat Tanjung Tiram, Kamis, (17/12/2020).

 

Sultan Aminuddin  yang akrab disapa Ucok Kodam menyatakan rencana Bupati tersebut sangat luar biasa dan patut didukung dan disambut baik

 

“Ini sangat luar biasa atas perubahan nama kecamatan dan status kelurahan yang akan diganti oleh Bupati”, ujar Ketua DPC Ketua Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA-RI) Kabupaten Batu Bara itu.

 

Namun Ucok Kodam mengingatkan agar Bupati Batu Bara menindaklanuti dengan menunjukkan bukti ketidaklayakan nama Kecamatan Nibung Hangus dan status Kelurahan Bagan Arya tersebut

 

Disebutkan Ucok Kodam, penetapan Desa/Kelurahan maupun Kecamatan itu sudah diatur menurut UU yang berlaku.

 

“Jika ada perubahan tersebut maka pihak Pemerintah Daerah  mengajukan perobahan lewat Mendagri dan harus mendapatkan pengesahan dari DPR RI yang membidanginya.

 

Sekedar diketahui, Bupati Batu Bara mengatakan akan mengusulkan perubahan nama Kecamatan Nibung Hangus menjadi nama lain. Permohonan Perubahan nomenklatur itu akan dilakukan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

 

“Saya pikir, nama Kecamatan Nibung Hangus itu sebaiknya diganti saja, sebab, namanya kurang mencerminkan kearifan lokal didaerah itu”, ucapnya pada acara pencanangan kampung nelayan menjadi kampung keluarga berkwalitas di Desa Bandar Rahmad, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara,

Bupati menjelaskan, rencana usulan perubahan nama Kecamatan Nibung Hangus akan dilakukan dengan kajian dan berbagai pertimbangan. Salah satu aspek yang menjadi perhatian adalah keberadaan gedung istana Niat Lima Laras yang mengandung nilai sejarah.

 

Sebab, istana Kedatukan Lima Laras itu, adalah salah satu icon peninggalan sejarah yang dibangun sejak tahun 1907 lalu dan hingga kini masih berdiri kokoh disana.

 

“Lebih baik, nama tersebut dibuat Kecamatan Datuk Lima Laras, saya rasa lebih baik dan lebih arif”, usulnya.

 

Selain itu, Zahir juga akan mengusulkan perubahan status Kelurahan Bagan Arya Kecamatan Tanjung Tiram menjadi desa. Tujuannya akan mempercepat pembangunan melalui dana desa.

 

“Kedepan Pemkab Batu Bara mungkin akan merubah status Kelurahan Bagan Arya menjadi desa, hal itu bertujuan agar mempercepat proses pembangunan didaerah tersebut”, paparnya.

 

(Supriadi)