7425 Bags Beras @ 50Kg Dihibahkan Bea Cukai Belawan Ke Pemkab Batu Bara.

Dibaca : 155

BINEWS II Sumut, Kab Batu Bara – Masyarakat Kabupaten Batu Bara mengeluhkan bantuan beras dari Dinas Sosial Kab. Batu Bara yang disalurkan melalui Kecamatan dan Desa.

 

Diantaranya Warga Desa Mangkai Baru, Kecamatan Lima Puluh, Suparti (47) mengatakan, berasnya nampak bagus, tapi agak agak bau, udah di masak warna nasinya kuning,

Lain halnya di Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih, sebagai warga yang sudah mengambil bantuan beras hibah ke kantor desa, masing masing mengembalikan beras tersebut dikarenakan beras yang mereka terima bau dan berwarna kuning.

 

Salah seorang pemuka masyarakat Robin Tampubolon (45) warga dusun Anggrek Desa Tanjung Kubah Rabu, (16/12/2020) mengatakan, awalnya masyarakat senang mendapat bantuan beras itu, tapi akhirnya banyak warga yang mengeluh atas pemberian beras hibah itu, karena kwalitasnya sangat jelek, tidak layak di konsumsi, bagaimana mau dimakan”, ungkapnya.

 

Kami tidak menyalahkan Kepala Desa Tanjung Kubah, karena pemerintahan Desa hanya membagikan saja, yang saya tahu ini beras hibah, karena di karung tertulis ‘Beras Hibah’ jelas Robin.

Hal serupa juga dikatakan Warsini Warga dusun IV Desa yang sama, berasnya gak layak di konsumsi, “Di masak nasinya bau dan berwarna kuning, keras lagi, cucu saya gak mau makan, satu hari gak makan dia, bau kata cucuku,” ujarnya dengan nada kesal saat ngumpul bersama ibu ibu lainnya.

 

Kepala Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Sutrisno, menjelaskan, sebagai pemerintahan desa kami sangat berterima kasih atas masukan dari warganya. “Hal ini akan saya sampaikan kepada Dinas Sosial Kab. Batu Bara atas keberatan warga,

 

Senada juga di sampaikan Camat Air Putih, Khaidir Lubis, dalam hal ini pihak Kecamatan siap memfasilitasi warga yang keberatan, Kecamatan Air Putih dan Kepala Desa akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial Kab. Batu Bara.

 

“Beras yang di kembalikan warga karena bau dan tidak layak konsumsi akan di kembalikan ke Dinas Sosial, bagaimana hasil nanti kita akan beri tahu,” jelas Camat Khaidir.

 

Menjawab konfirmasi Wartawan, Kamis (17/12/2020), Kadis Sosial Kab. Batu Bara, Ishak Liza, mengatakan, beras tersebut hibah dari BEA dan Cukai Belawan, sebelum di hibahkan beras tersebut sudah terlebih dahulu di uji lab oleh BEA Cukai Belawan,

 

Selain itu, serah terima beras itu disaksikan oleh Waka Polda Sumut, dan beras itu dihibahkan di dua (2) Kab. Kota, Kab.Dairi dan Kab. Batu Bara dan satu (1) yayasan.

 

Untuk Kab. Batu Bara sejumlah 7425 BAGS, dan yang 600 BAGS di salurkan melalui Kodam 1 (satu) Bukit Barisan, baru yang 400 BAGS di salurkan lewat entitas di wilayah kerja kantor BEA Cukai Belawan, selebihnya di salurkan melalui tiem Polda Sumut, papar Ishak.

 

Penyerahan beras hibah (3/12 /2020) Sebelumnya beras tersebut terlebih dahulu di pungidasi dikilang atau untuk menghilangkan jamur”, jelas Ishak Liza.

 

(Supriadi)