Pembangunan Drainase Di Desa Titi Merah Menuai Konflik

Dibaca : 273

BINEWS II Sumut, Kab Batu Bara – Pembangunan Drainase Di Desa Titi Merah Menuai Konflik antar warga pasalnya pembangunan drainase dusun III mawar dipindah Ke dusun V

 

Tumpang tindih pekerjaan pembuatan saluran drainase dusun III Mawar di samping SD 010205 Desa Titi Merah satker Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) Sebesar 200 juta tahun anggaran 2020 berasal dari dana APBD Batu Bara

Di lokasi yang sama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Batu Bara juga melaksanakan pembangunan drainase pembuangan Desa Titi Merah dusun III Mawar, Kec. Lima Puluh Pesisir, sebesar Rp 190 juta dari anggaran APBD Batu Bara 2020 yang diduga tidak kunjung selesai, Sehingga membuat para warga masyarakat petani cabai merah dan sekitarnya merasa dirugikan.

 

Sementara itu, pekerjaan pembuatan drainase Dusun III Mawar, Desa Titi Merah alih-alih belum selesai sudah dipindahkan oleh dinas PUPR ke dusun V yang bertepatan titik lokasi pekerjaan drainase di daerah perkebunan sawit milik warga atas permintaan Kades Titi Merah M.Yakub.

Ketika dikonfirmasi rekan media melalui saluler, Kepala desa Titi Merah M. Yakub terkait atas pemindahan pekerjaan pembuatan drainase di Dusun III Mawar, ke Dusun V, ianya mengatakan dirinya sedang sibuk dan minta hal itu nanti saja untuk di bicarakan.

 

“Saya sedang sibuk, ini pun lagi sedang melayat warga desa yang meninggal dunia, Nanti saja kita ketemu dan bicarakan hal itu.” Ucap Kades Titi Merah M.Yakub

Untuk diketahui kegiatan pekerjaan drainase terhitung dari volume yang sudah dikerjakan oleh dua instansi tersebut terindikasi belum maksimal dan terkesan asal jadi serta belum selesai dikerjakan.

 

Dinas PERKIM dan PUPR di titik wilayah kerja di Dusun III kurang lebih sepanjang 240 meter, sedangkan untuk dusun V yang dikerjakan Dinas PU sekitar sepanjang 75 meter.

Kadis PU ketika dikonfirmasi berkaitan tentang pekerjaan yang dipindahkan dari Dusun III Mawar ke Dusun V mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui hal itu.

 

“Nanti saya tanyakan kepada pegawai saya atau kepada PPK yang berkaitan dengan kegiatan tersebut,” ucapnya

 

Hingga berita ini diterbitkan, Kadis PUPR ketika kembali di konfirmasi melalui hp nya, Rabu (02/12/2020) mengatakan ianya sedang melakukan rapat.

 

“Nanti aja, Ni saya lagi rapat.” Ujarnya melalui saluran telepon

Kegiatan pekerjaan pembuatan saluran drainase dusun III oleh kedua Dinas yakni Dinas PUPR dan PERKIM Batu Bara yang terindikasi asal jadi dan belum selesai dikerjakan dan alih-alih dipindahkan ke dusun V di areal sawit milik warga diduga bahagian dari tuntutan konstituen politik Kades Titi Merah.

 

Atas dasar penyimpangan dan indikasi dugaan menyalahi wewenang, masyarakat warga dusun III Titi Merah yang merasa telah dirugikan serta dikhianati oleh Kepala Desa Titi Merah Yakub. Maka mereka akan melakukan somasi serta menuntut oknum yang secara sengaja maupun tidak sengaja melakukan penyimpangan tersebut agar diproses secara hukum yang berlaku.

(Supriadi)