Apel Siaga Bencana Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 Dibuka Langsung Oleh Ir.Mulyadi Irsan M.T.

Dibaca : 164

BINews – Lampung , Way Kanan Di Lapangan Korpri Pemkab Way Kanan Kamis, (12/11/ 2020).

 

Dihadiri Anggota Forkopimda Kabupaten Way Kanan , Kepala Instansi Vertikal se-Kabupaten Way Kanan , Sekda , Asisten, Inspektur, Kepala Badan, Dinas, dan Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Pjs. Bupati Way Kanan Ir. Mulyadi Irsan, M.T “Keberadaan BPBD Kabupaten Way Kanan saya berharap dapat melakukan respon cepat manakala terjadi bencana, dan yang lebih penting kita harapkan dapat melaksanakan upaya-upaya peningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam mensikapi dan menghadapi bencana.

mengingat Kabupaten Way Kanan memiliki potensi bencana alam baik banjir maupun angin puting beliung bahkan masalah terpapar Covid 19. Meskipun tanggung jawab BPBD cukup berat”.kata Pjs. Bupati

Dalam hal ini Mulyadi berharap kepada semua pihak baik Instansi pemerintah, LSM dan masyarakat untuk ikut serta bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana dengan cara meningkatkan sikap responsif dan cepat tanggap sesuai tupoksinya masing-masing, meningkatkan kapasitas kelembagaan maupun pribadi serta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dan penyebaran Covid 19.

 

“Sebagaimana amanat Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah. Namun demikian masyarakat sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana”.paparnya

Dengan semakin meningkatnya kasus pandemi Covid-19, maka langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona”. Jelasnya

 

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol, terutama sebelum dan sesudah bersin, batuk, atau makan, juga sehabis dari toilet.

Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan bagian dalam, lalu segera buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah.

(Rls/Erwin)